Eratkan Hubungan yang Sinergis dan Strategis, Kemensetneg RI Selenggarakan Forum Sekretariat Lembaga Negara

 
bagikan berita ke :

Senin, 22 November 2021
Di baca 81 kali

Guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas pemberian dukungan teknis, administrasi, dan analisis dalam penyelenggaraan hubungan Presiden RI dengan lembaga negara, Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Kementerian Sekretariat Negara menyelenggarakan Forum Sekretariat Lembaga Negara sebagai wujud penguatan sinergitas dan harmonisasi hubungan antarlembaga negara di Indonesia pada tanggal 22 November 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara bauran daring dan luring dari di Istana Kepresidenan Tampaksiring Bali, dan dihadiri oleh para Sekretaris Jenderal dan yang mewakili dari 7 lembaga negara dan bank sentral yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Badan Pemeriksa Keuangan, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, dan Bank Indonesia.

 

 

Kegiatan Forum Sekretariat Lembaga Negara merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala untuk membangun hubungan yang lebih erat antara seluruh lembaga negara di Indonesia. Pelaksanaan Forum Sekretariat Lembaga Negara juga penting untuk mengoptimalisasi peran lembaga negara dalam melaksanakan fungsi check and balances, serta memaksimalkan sinergi antarlembaga negara. Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini berperan strategis untuk memahami tantangan, permasalahan, dan peluang dalam menjalankan ketatanegaraan di era yang penuh dinamika dan disrupsi seperti saat ini. Perubahan terjadi begitu cepat dalam berbagai hal, dan untuk mempersiapkan diri menuju perubahan tersebut, diperlukan kebijakan-kebijakan strategis yang jelas dan tepat sasaran. Maka dari itu, diharapkan Forum Sekretariat Lembaga Negara dapat memfasilitasi komunikasi yang sinergis antarlembaga strategis di Indonesia.

 

Penyelenggaraan Forum Sekretariat Lembaga Negara tahun 2021 mengambil tema “Sinergi Lembaga Negara dalam Membangun Kembali Indonesia Pascapandemi”. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi lembaga-lembaga negara untuk menyampaikan gagasan berkaitan dengan strategi Indonesia ke depan dalam menghadapi kondisi pemulihan pancapandemi. Di samping itu, Sekretariat Lembaga Negara memiliki peran yang strategis sebagai organ institusi yang melayani hubungan internal dan eksternal, juga sebagai core business dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis, terutama dalam hal pertukaran informasi, baik ke dalam maupun ke luar organisasi.