Gaya Hidup Sehat dan Berkelanjutan ala Andien Aisyah

 
bagikan berita ke :

Kamis, 24 November 2022
Di baca 91 kali

Di hari terakhir pelaksanaan Setneg Serial Lecture (Setneg SL) #02 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara (PPKASN Kemensetneg), menghadirkan penyanyi sekaligus Health Enthusiast, Andien Aisyah yang membahas tentang Cara Hidup Sehat dan Berkelanjutan, Kamis (24/11).

Bertempat di Auditorium PPKASN Kemensetneg, Jalan Gaharu, Jakarta Selatan Setneg SL #02 yang disiarkan secara hybrid ini mengusung tema "Innovative, Reliable, Sustainable".

Dipandu Devi Eriana Safira dan Adi Wardana ini memulai obrolan seru dengan topik Gaya Hidup Sehat dan Berkelanjutan dengan Andien Aisyah. Andien, sapaan akrabnya, menceritakan kisah awal mula ia menjalankan hidup sehat. Berawal dari Andien Aisyah yang terkena tumor payudara ketika remaja, membuatnya terpukul dan sadar bahwa memperhatikan makanan yang sehat itu penting.

“Ketika masuk SMA, aku terkena tumor payudara yang cukup memukul diri ku. Ibu ku konsultasi ke beberapa dokter dan katanya karna pengaruh pola hidup, dan lebih spesifik lagi karna pola makan. Setelah aku flashback ternyata karna makanan instan,” ujar Andien Aisyah.

Lebih lanjut, Andien menjelaskan bahwa menjaga pola makan sehat saja tidak cukup. Bergerak aktif seperti olahraga pun penting.

“Begitu masuk kuliah ada lagi masalah kesehatan yang lain datang ke aku. Aku ngerasa dulu waktu SMP,  bisa nyanyi 12 lagu nonstop dengan stamina yang baik, pas masuk kuliah dua lagu aja udah ngos-ngosan. Aku jadi bertanya-tanya ada apa. Dari situ timbul pikiran bahwa makan sudah teratur tapi olahraga ku belum teratur,” tutur Andien.


Kemudian, ia juga meyakini jika body, mind, dan soul harus seimbang. Sehingga, bukan hanya tubuh yang dijaga tetapi perlu juga memperhatikan keseimbangan pikiran dan jiwa.

“Satu hal yang aku yakini sebenernya di tahun itu aku stress banget. Kaya aku kerja terus, tapi sebenernya kalo comparisonnya sekarang  ya aku juga sama kerja terus. Berarti ada sesuatu yang ngga balance dalam diriku. Secara soul aku belum bisa centering myself sehingga memperbolehkan penyakit2 masuk ke dalam badan aku,” ujarnya.

Lalu, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Terkoneksi dengan diri sendiri adalah cara agar kesehatan mental tetap stabil ditengah segala kesibukan yang sedang dijalani.

“Menjaga kesehatan ini sebenernya adalah salah satu yang paling penting karena banyak yang ngerasain burn out dengan kegiatan bekerja setiap hari. Sekedar tips dari aku, bagaimana kita bisa terkoneksi dengan diri sendiri? Seperti, melakukan kelas self healing, kelas meditasi. Balik lagi, tergantung dengan kebutuhan setiap orang beda, tetapi ini yang aku lakukan” kata Andien Aisyah.

Di akhir acara, Andien Aisyah memberikan pesan sebagai penutup dari pemaparan yang ia sampaikan yaitu hidup didunia untuk satu tujuan, manusia ingin kehidupan sampai akhir hayat sehat, dan bisa menebarkan banyak manfaat untuk orang lain. Dan hal tersebut bisa dilakukan jika raga, jiwa, dan pikiran yang sehat. (ABS, ART/Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0