Hemat dan Semangat dengan Nutrisi Sehat

 
bagikan berita ke :

Jumat, 17 Februari 2023
Di baca 798 kali

Kamis (16/2), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) mengadakan Sharing Session Webinar Kesehatan bertemakan “Nutrisi Sehat, Hemat dan Penambah Semangat”. Kegiatan webinar ini diikuti seluruh perwakilan unit kerja di lingkungan Kemensetneg dan bertujuan memberikan pemahaman akan nutrisi dan pola hidup sehat guna meningkatkan kualitas kinerja.


Agussalim selaku Kepala Biro SDM dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa menjadi forum belajar yang bermanfaat bagi para peserta. “Mudah-mudahan acara ini bisa kita optimalkan untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana nutrisi sehat dan forum ini untuk kita semua. Silakan dioptimalkan untuk kita bisa mengeksplorasi ilmunya dr. Lula Kamal,” kata Agussalim.



Sebagai pemateri tunggal dalam webinar, Lula memberikan pemahaman tentang pola hidup sehat dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga para pegawai di lingkungan Kemensetneg dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas dalam aktivitas kerja.


Aktris blasteran Arab tersebut  menjelaskan empat pilar yang merupakan peran penting dalam menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan beristirahat, berolahraga, mengatur pola makan, dan mampu mengelola stres. Beristirahat dengan kualitas dan kuantitas tidur yang baik dapat menjadikan tidur lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti sehabis berolahraga maka tubuh akan bekerja lebih baik.



“Nutrisi yang cakep itu harus diolah. Kalo tidak diolah, tidak akan jadi seperti apa yang kita mau,” tegas Lula Kamal.


Kerap berbagi pengetahuan tentang kesehatan, Lula menekankan pentingnya berolahraga. Paling tidak, tiga hari sekali untuk mengurangi berat badan dengan durasi selama tiga puluh menit hingga satu jam per sesi olahraga.


Lebih lanjut, Lula menjelaskan tentang pola makan sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki gizi cukup dan seimbang, misalnya sayur dan buah-buahan. Menjaga pengaturan makan atau biasa dikenal dengan diet juga bisa dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing tubuh. “Ini yang harus dikurangi tanpa harus melihat usia yaitu konsumsi gula, garam, lemak, santan instan, dan juga kopi,” ungkap Lula.




Sementara itu, Lula juga memaparkan bahwa menjaga pola hidup sehat sangatlah penting, termasuk dalam mengelola rasa stres. Rasa stres merupakan sumber dari segala penyakit sehingga orang perlu mencari cara untuk melepaskan stres dengan melakukan relaksasi atau mencari kesibukan lain yang lebih disukai.


“Ada orang makan, makanannya sehat tapi dia makan sambil stres. Jadi, makanan yang dikonsumsi jumlahnya banyak karena tidak kenyang-kenyang. Stres ini yang kelak merusak semua yang telah dipolakan secara sehat,” terang Lula.


Di akhir paparan, Lula memberi semangat kepada peserta webinar dan berpesan, “Selamat hidup sehat. Mulainya harus dari keempatnya, tidak bisa hanya dari nutrisi saja. Nutrisi tidak harus mahal karena sayurannya tidak harus mahal. Lauk mahal atau tidak? Tidak juga, kalau memilih lauk yang sesuai. Lauk yang bisa berupa ayam dan ikan tapi jangan digoreng karena semua yang digoreng akan kehilangan sebagian nutrisinya. Jadi, Bapak dan Ibu, kita mulai dengan nutrisi yang sehat,” pungkas Lula. (SAM/DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           2           0           1           0