Jalin Kemitraan dengan Media Mainstream, Humas Kemensetneg Kunjungi Tribun Jateng

 
bagikan berita ke :

Kamis, 12 Maret 2020
Di baca 169 kali

Kamis (12/3),  Asisten Deputi Hubungan Masyarakat (Asdep Humas) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan tim  mengunjungi Kantor Redaksi Tribun Jateng di Gedung Kompas Gramedia, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Asdep Humas Kemensetneg yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Faisal Fahmi disambut baik oleh Pemimpin Redaksi Pemimpin Redaksi Tribun Jateng, Erwin Ardian beserta jajarannya.

Kunjungan kehumasan tersebut dimaksudkan  untuk meningkatkan kerja sama dan kolaborasi  tata kelola,  diseminasi  informasi, dan  pengelolaan informasi yang akurat,  guna mengedukasi masyarakat  dalam mendapatkan berita yang didukung fakta yang valid, sekaligus meningkatkan peran media dalam pengelolaan isu-isu strategis yang berkembang saat ini, salah satunya mengenai penanganan isu COVID-19. Selain itu, kunjungan ini juga berkaitan dengan kolaborasi dalam mengglorifikasikan sejumlah inovasi yang telah dikembangkan oleh Kemensetneg dan berbagai capaian kinerja pemerintah.

"Selalu ada suatu kewajiban bagi kami untuk selalu mendatangi ruang redaksi. Bahkan dalam kesempatan tertentu, Presiden selalu menyatakan bahwa wartawan dan media adalah mitra strategis pemerintah, di mana, melalui media itulah, kita dapat membangkitkan nilai-nilai positif, optimisme, dan inspirasi ide untuk Indonesia maju,” jelas Faisal.

Pemimpin Redaksi Tribun Jateng, Erwin Ardian menjelaskan perkembangan media massa saat ini. Menurutnya, perkembangan dunia informasi saat ini telah sangat berubah. Hal ini membuat bisnis dan praktek media juga berubah. Oleh karena itu, dalam menyikapi hal itu, Tribun Jateng yang telah dibangun sejak 7 tahun lalu juga terus mengikuti perkembangan.

"Awalnya tulang punggung bisnis media masih di printed media. Namun setelah ada potensi di sektor online, kami kemudian juga fokus di situ. Saat ini bahkan, Lembaga pemeringkat Alexa, menempatkan Tribunnews.com menjadi portal berita nomor satu di Indonesia,” ujar Erwin.

Dalam diskusi yang berlangsung, Kemensetneg juga menjelaskan komitmen untuk terus meningkatkan jalinan kerja sama dengan media mainstream guna lebih mengoptimalkan glorifikasi berbagai inovasi yang telah dikembangkan Kemensetneg dan juga diseminasi kebijakan serta capaian kinerja pemerintah.

Lebih lanjut, Faisal menuturkan Kementerian Sekretariat Negara RI memiliki tanggung jawab menginformasikan apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah berkaitan dengan pembangunan. Begitu juga dengan informasi yang sedang banyak berkembang, misalnya terkait virus Covid-19, di mana Kemensetneg selalu berupaya agar tidak ada kegaduhan meskipun kewaspadaan harus ditingkatkan dalam masyarakat.

Di akhir pertemuan, Erwin menyampaikan apresiasi atas kunjungan Tim Humas Kemensetneg ke Tribun Jateng. Erwin juga menyatakan pihaknya juga memiliki pandangan yang sejalan dengan apa yang disampaikan Kemensetneg, dan bersepakat untuk membangun sinergi dalam membangun keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk informasi pencapaian yang dilakukan pemerintah. "Kami juga sepakat untuk itu, dengan berupaya agar berita yang ada tidak menimbulkan kegaduhan, dengan tanpa menghilangkan fakta di lapangan," ungkapnya.

(Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           1           0           0           1