Jalin Kolaborasi, Asdep Dumas Selenggarakan Forum Konsolidasi Pengelola Pengaduan Masyarakat

 
bagikan berita ke :

Jumat, 01 Maret 2019
Di baca 1087 kali

Kamis (28/2), Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyelenggarakan Forum Konsolidasi Pengelola Pengaduan Masyarakat di Istana Kepresidenan Cipanas. Penyelenggaraan forum kali ini bertujuan untuk menciptakan pola penanganan pengaduan masyarakat yang efektif dan membangun jejaring dalam rangka meningkatkan sinergi penanganan pengaduan masyarakat antar kementerian/lembaga (K/L).

Sinergisme antar pengelola pengaduan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang dapat dimulai dengan penguatan focal point. Kolaborasi antar K/L dan pemerintah daerah diperlukan untuk memudahkan monitoring penanganan pengaduan masyarakat dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas.

Pengaduan masyarakat semakin kompleks. Karena itu perlu penanganan secara kolaboratif antar instansi terkait.

"Dengan adanya forum ini, kita bisa berbagi pengalaman dan pemikiran terkait penanganan pengaduan masyarakat," ucap Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat, Kemensetneg, Hadi Nugroho.

Senada dengan yang disampaikan oleh Inspektur Khusus Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri, Sri Wahyuningsih yang turut hadir pada forum tersebut.

“Kita harus saling berkolaborasi dan berintegrasi sehingga kita semua dapat meyelesaikan tugas terutama pengaduan masyarakat ini dengan hasil sesuai yang diharapkan oleh masyarakat,” ucap Sri Wahyuningsih.

Dalam menjawab tuntutan tersebut perlu adanya reformasi demi menjadi pemerintah yang responsif sehingga mampu mengimbangi apa yg menjadi keinginan masyarakat. Maka pada forum kali ini, terbentuk kolaborasi antar K/L berdasarkan butir-butir kesepakatan.

Beberapa hal yang menjadi fokus adalah mekanisme pertukaran data dan informasi penanganan pengaduan masyakarat dan penunjukan person in charge (PIC) pada tiap K/L yang tergabung dalam butir-butir kesepakatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi adanya forum diskusi terkait pengaduan masyarakat yang diinisiasi oleh Kementerian Sekretariat Negara. Forum ini dapat mempererat kita dalam kolaborasi dan bersinergi untuk bersama-sama menyelesaikan pengaduan masyarakat,” lanjut Sri Wahyuningsih.

Perwakilan dari Kantor Staf Presiden, Fani Irsanti mengatakan bahwa kedepannya dengan kesepakatan ini seluruh K/L bisa bersinergi, sharing, dan saling melengkapi untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang di adukan khususnya terkait pelayanan publik maupun melakukan pengawasan terhadap laporan-laporan atau aduan masyarakat tersebut.

Menutup sambutannya, Hadi Nugroho berharap melalui forum ini masing masing K/L dapat membentuk PIC yang dapat terhubung dalam penanganan pengaduan masyarakat agar menciptakan pola penanganan yang efektif dan meningkatkan sinergi penanganan pengaduan masyarakat antar Kementerian dan Lembaga.

Forum kali ini juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Emida Suparti dan Laode M. Rere; perwakilan Kementerian Agragria dan Tata Ruang, Rizki Agung Nugroho; dan Inspektorat Pengawasan Umum POLRI, Hendra Kurniawan. (Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           2           0           0           0