Kemensetneg Berhasil Masuk Top 30 dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional 2019

 
bagikan berita ke :

Senin, 09 Desember 2019
Di baca 959 kali

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) berhasil masuk dalam Top 30 Kategori Instansi Pemerintah Penyelenggara Pengaduan Pelayanan Publik yang diumumkan dalam acara Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Hotel Le Meridien, Jakarta, pada Senin (9/12).

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini bertujuan membangun komitmen instansi pemerintah dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui penerapan SP4N. Kementerian PANRB mendorong peningkatan pelayanan publik dengan membangun pengelolaan pengaduan yang partisipatif dan dapat dimanfaatkan sebagai upaya perbaikan berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Diah Natalisa selaku Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB dalam sambutannya. Diah juga mengatakan bahwa kompetisi ini didukung oleh Pemerintah Amerika Serikat,  dalam kerangka proyek kerja sama pembangunan RI-AS, CEGAH, yang diimplementasikan oleh United States Agency for International Development (USAID) dan Kementerian PANRB. Melalui ajang ini, diharapkan seluruh instansi pemerintah terpacu meningkatkan pelayanan publik dengan melakukan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik.


Pada 26 November lalu, Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kemensetneg, Hadi Nugroho telah mengikuti Wawancara Penilaian Lanjutan Kompetisi SP4N-LAPOR! di Hotel Aryaduta Semanggi, Jakarta. Proses kompetisi dimulai sejak pendaftaran pada 23 September – 11 November. Pada tahun ini, tercatat sejumlah 187 Instansi Pemerintah Penyelenggara Pengaduan Pelayanan Publik dan 165 Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Publik yang berpartisipasi dalam kompetisi dimaksud. Selanjutnya, pada 11 – 12 November tim evaluasi Kementerian PANRB melakukan verifikasi formulir self-assessment beserta bukti-bukti pendukungnya. Berdasarkan verifikasi, dipilih 40 terbaik yang terdiri dari 30 pada kategori Instansi Pemerintah Penyelenggara Pengaduan Pelayanan Publik dan 10 pada kategori Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Publik.


Proses penjurian dan wawancara diadakan pada tanggal 25 – 28 November. Dewan juri terdiri dari Menteri PANRB periode 2010-2014, Azwar Abubakar; General Manager Media Services Berita Satu TV, Adi Prasetya; Anggota Ombudsman RI, Dadan S. Suharmawijaya; Akademisi, Meuthia Ganie-Rochman; Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sularsi; dan Direktur Program dan Produksi iNews, Sulaeman Sakib. (SNR/10, GIE-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
24           0           0           0           0