Kemensetneg Perkenalkan Tata Kelola Perkantoran Kepada Fisipol UGM

Indonesia  | English
bagikan berita ke :

Jumat, 10 Februari 2023
Di baca 855 kali

Kementerian Sekretariat Negara menerima kunjungan kerja dari staf kependidikan di FISIPOL UGM yang dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan Aset dan SDM, Nurhadi Susanto, beserta jajarannya dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan di bidang Tata Kelola Perkantoran pada Jumat (10/02/2023) di Gedung Utama, Kementerian Sekretariat Negara.

 

Sinta Puspitasari, Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan mewakili Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara menyampaikan sambutan kepada peserta dengan memperkenalkan perwakilan unit kerja Kemensetneg yang hadir dan membahas kedudukan serta tugas dan fungsi Kemensetneg dalam mendukung Presiden/Wakil Presiden dan Menteri Sekretaris Negara RI.

 

Menanggapi hal tersebut, Nurhadi sebagai Wakil Dekan FISIPOL UGM meyampaikan maksud dan tujuan kegiatan studi banding ini dan berharap dapat mempelajari banyak hal serta menambah wawasan dalam pengelolaan kantor administrasi ditingkat nasional.  Hal tersebut dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat dinamis, menjadikan pengelola kantor administrasi dituntut untuk dapat cepat beradaptasi pada perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang lebih baik.

 

“Dan kami yakin apalagi dengan G20 kemarin dan KTT ASEAN yang akan datang, bapak ibu di Kemensetneg pasti luar biasa padatnya dengan tanggung jawab yang berat, maka tidak salah bagi kami kalau belajar ke bapak ibu sekalian, bagaimana di dapur mengelola administrasi negara ini,” ujar Nurhadi.

 

Sesi dilanjutkan dengan paparan pertama yang disampaikan oleh Andri Zakarya selaku Kabag Protokol dan Tata Usaha Pimpinan, Kemensetneg tentang tata kelola ketatausahaan keprotokolan dan kearsipan di Kemensetneg yang telah menerapkan digitalisasi berbasis aplikasi. Dalam penjelasannya beliau juga menyampaikan beberapa capaian serta kegiatan–kegiatan dalam kearsipan kepresidenan maupun kearsipan kementerian.

 

“Kemensetneg telah menerapkan digitalisasi proses persuratan dan ketatausahaan sejak tahun 2009, serta terus memperbarui sistem mengikuti perkembangan dinamika pola kerja melalui Aplikasi SPDE (Sistem Persuratan dan Disposisi Elektronik)”, jelas Andri.

 

Paparan kedua disampaikan oleh Kepala Biro Informasi, Data, dan Teknologi Sekretariat Negara, Irma Dwi Santi, mengenai dukungan TIK dalam tata kelola kedinasan. Beliau menjelaskan bahwa salah satu prioritas Presiden saat ini adalah pengembangan SDM menuju era teknologi & informasi yang didukung oleh Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

 

“Pengembangan inovasi teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu kunci dalam tata kelola kedinasan yang efektif, efisien, dan terpadu.” ucap Irma.

 

Irma juga menambahkan bahwa SPBE sebagai enabler transformasi digital memiliki tata kelola pemerintahan yang aktual, efektif, transparan, pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, serta efisiensi penyelenggaraan SPBE.

 

Paparan terakhir diambil alih oleh Muharromi selaku Analis Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ahli Madya, Biro SDM yang menjelaskan mengenai pola kerja dan layanan administrasi Kementerian Sekretariat Negara. Beliau juga menjelaskan bagaimana struktur organisasi, demografi SDM, serta pola kerja di lingkungan Kemensetneg mulai dari pola fungsional dengan dukungan administrasi, pola fungsional tanpa dukungan administrasi, dan pola struktural menurut SE DAA No.1 Tahun 2021 tentang Pola Kerja di Lingkungan Kemensetneg.

 

“Kemensetneg telah memangkas sebanyak 74,57% Middle Manager (Eselon III dan Eselon IV) telah disetarakan menjadi Jabatan Fungsional dari struktur sebelumnya.” Ujar Muharromi

 

Setelah semua biro selesai menyampaikan paparannya, acara studi komparasi pun banyak diisi dengan tanya jawab serta diskusi antara kedua belah pihak yang hadir secara luring membahas pola kerja di Kemensetneg. Sebagai penutup, Sinta Puspitasari mengucapkan terima kasih serta beliau berharap bahwa apa yang didiskusikan pada kegitan kali ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan dibidang Tata Kelola Perkantoran bagi staf kependidikan di FISIPOL UGM.

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           4           0           0           0