Kemensetneg Selenggarakan Penguatan Kompetensi Dasar Terpadu (PKDT) bagi 106 CPNS 2020

 
bagikan berita ke :

Senin, 01 Februari 2021
Di baca 212 kali

Mengawali bulan Februari ini, Kementerian Sekretariat Negara menyambut 106 Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS ) Tahun 2020. Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara (Pusbangkom ASN Kemensetneg) menyelenggarakan Penguatan Kompetensi Dasar Terpadu (PKDT) yang dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom, Senin (1/2).

Mengawali sambutannya membuka Acara PKDT, Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Nanik Purwanti menyampaikan bahwa para CPNS wajib menjalankan masa percobaan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020.

“CPNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun. Masa percobaan merupakan masa pra jabatan yang dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan. Proses diklat masa pra jabatan dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas, moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme serta kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang yang kemudian kita kenal dengan pelatihan dasar atau latsar CPNS,” ujar Nanik.

Pusbangkom ASN Kemensetneg telah mendesain program Penguatan Kompetensi Dasar Terpadu atau PKDT yang bertujuan memperkuat kurikulum latsar CPNS sebagai upaya membentuk profil CPNS yang profesional dalam memberikan dukungan teknis, administrasi, dan analisis kepada Presiden dan Wakil Presiden.

“PKDT akan dimulai pada tanggal 1 Februari 2021, tepat di hari pertama adik-adik CPNS ditempatkan dan dilaksanakan secara daring melalui media Zoom Cloud Meeting yaitu berupa pengarahan tanggal 1 Februari 2021, orientasi atau onboarding pada tanggal 2 s.d. 4 Februari 2021, Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) tanggal 8 s.d. 11 Februari 2021, dan nantinya akan diakhiri dengan penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS,” jelas Nanik.

46 CPNS Kemensetneg yang mengikuti PKDT terdiri dari 33 CPNS Golongan III dan 13 CPNS Golongan II. Nanik menerangkan, 60 CPNS Sekretariat Kabinet secara khusus juga mengikuti sesi pengarahan dari Menteri Sekretaris Negara.    

“Kepada adik-adik CPNS kami ucapkan welcome on board. Selamat telah terpilih menjadi bagian keluarga besar Kemensetneg. Usaha yang telah kalian lakukan telah membawa kalian semua yang berada di sini pada hari ini; dan dibalik suratan itu ada tanggung jawab yang ditempatkan di pundak kalian. Menjadi bagian Kementerian  yang  strategis 'The  Heart  of  The  Republic' adalah  amanah  yang  tidak semua  orang  bisa  terima  dan  jalani.  Oleh  karenanya,  agar  dipahami  dan diyakini bahwa  tugas  kita  adalah  menjadi  ASN  yang  profesional,  sebagai  pelayan  publik, pelaksana kebijakan publik serta menjadi simpul pemersatu bangsa,” pungkas Nanik.

Terakhir, Nanik mengingatkan dan menghimbau kepada semua yang hadir, khususnya para CPNS bahwa ada tata nilai organisasi  kementerian  yang  harus  dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi serta harus diinternalisasikan menjadi budaya  kerja.

“Mulai  detik  ini,  agar  adik  adik  meneguhkan dan meresapi  nilai  nilai tersebut dan kita semua disini harus menjadi “TELADAN-BAIK”. Teladan mengandung arti patut ditiru dan dicontoh. B pada kata BAIK berarti Berintegritas yang mengandung arti amanah, bertanggung jawab, akuntabel, dan transparan. A yaitu Andal mengandung arti responsif, tangkas, cerdas, profesional, dan sepenuh hati. I adalah Inovatif mengandung arti adaptif, kreatif, solutif, dan berorientasi hasil; dan K yaitu Kolaboratif mengandung arti empati, peduli, terbuka, berbagi (sharing), dan sinergi,” tutup Nanik.

PKDT ini dihadiri pula oleh para pimpinan pada satuan organisasi/unit kerja di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet selaku pimpinan para CPNS. (ART, Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           1           0           0           1