Kemensetneg Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91

 
bagikan berita ke :

Senin, 28 Oktober 2019
Di baca 11322 kali

Senin (28/10), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 di Halaman Kantor Kemensetneg. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Staf Ahli Bidang Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nandang Haris.

Sebagai bangsa dan rakyat Indonesia, sangatlah layak untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pemuda “Pemuda 1928” yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda dan telah menjadi pelopor pemuda dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda dan hanya dengan persatuanlah rakyat bisa mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang dibacakan Inspektur Upacara terdapat pesan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau.


“Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun, di sisi lain perkembangan ini juga memiliki dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat desruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” kata Nandang.

Menpora juga megaskan bahwa pemuda Indonesia harus memiliki karakter tangguh yakni pemuda dengan karakter moral, kinerja, beriman, bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja tegas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Tema “Bersatu Kita Maju” juga diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.


Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 diikuti dengan khidmat oleh pejabat dan pegawai di lingkungan Kemensetneg dan Sekretariat Kabinet yang kompak mengenakan seragam KORPRI. (Dew-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           1           0           0           0