Kemensetneg Terima Kunjungan BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Airlangga

 
bagikan berita ke :

Rabu, 04 Oktober 2023
Di baca 408 kali

Jakarta, Rabu (4/10) - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) menerima kunjungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga. Kunjungan kali ini bertujuan untuk mempelajari beragam inovasi dan kolaborasi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia dengan Mahasiswa Indonesia.

 

Acara di buka secara resmi oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto di Aula Serbaguna Gedung 3, Kementerian Sekretariat Negara. Dalam sambutannya, Eddy menyampaikan terima kasih kepada 59 mahasiswa BEM FEB Universitas Airlangga.

 

“Terima kasih atas kunjungannya. Saya kira kegiatan kali ini akan mejadi pembelajaran untuk mengetahui bagaimana beragam inovasi diterapkan, utamanya transformasi digital sebagai best practice Kemensetneg bertransformasi menuju smart governance,” tutur Eddy.

 

Dalam paparannya, Eddy menjelaskan beragam inovasi Kemensetneg. Lebih lanjut, Eddy memaparkan mengenai tantangan yang dihadapi generasi muda dalam mendukung Indonesia maju, serta inovasi transformasi yang nantinya akan menjadi ruang kerja masa depan. Inovasi transformasi ini nantinya bisa berbentuk kolaborasi dengan berbagai pihak dalam lingkup pemerintahan maupun swasta.

 


 

Sesi pemaparan dilanjutkan oleh narasumber kedua yaitu Pranata Komputer Ahli Muda dari Biro Informasi, Data dan Teknologi, Kemensetneg, Mufti Rizal yang membahas mengenai smart governance dalam lingkup Kemensetneg. Dalam pemaparannya, Rizal memberikan gambaran umum mengenai SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang berguna untuk kelincahan birokrasi informasi nasional.

 

“Sejalan dengan arahan Presiden tentang reformasi birokrasi mengenai SPBE yang nantinya akan berguna untuk kelincahan birokrasi informasi, peran Kemensetneg dalam SPBE Nasional salah satunya yakni beupa penyelenggaraan layanan administrasi di bidang pengelolaan kesekretariatan negara. Ke depan peran Kemensetneg akan semakin besar karena diamanatkan untuk pengelolaan executive information system dan terintegrasi pada portal pelayanan administrasi pemerintahan”, papar Rizal.

 


 

Rizal juga menyampaikan mengenai 3 unsur pengembangan teknologi informasi di Kemensetneg yaitu technology, process, dan people yang bertujuan untuk mendukung pengembangan transformasi digital informasi. Selain itu, Rizal juga menjelaskan mengenai inovasi Kemensetneg yang berupa deregulasi dan debirokratisasi serta sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang dibuktikan dengan adanya layanan aplikasi naskah dinas elektronik (NADIE), aplikasi SetnegOne, SetnegPoint, layanan aplikasi Big Data PUU, layanan aplikasi PANDU-PANDANG, serta aplikasi lainnya.

 


 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta yang tampak sudah tidak sabar dan antusias ingin mengungkapkan keingintahuan mereka. Kunjungan ini diakhiri dengan pemberian cendera mata dan sesi pemotretan bersama. Melalui kunjungan ini, diharapkan kerja sama antara Kemensetneg dan berbagai perguruan tinggi, dapat menjadi media dalam membekali mahasiswa agar inovatif, adaptif, dan kreatif mendukung Indonesia Maju. (DAP, HLW, APP, KHA/Humas Kemensetneg)

 

 

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0