Laksanakan Program Onboarding, CPNS Kemensetneg Ikuti Kunjungan Virtual

 
bagikan berita ke :

Kamis, 04 Februari 2021
Di baca 310 kali

Melanjutkan rangkaian kegiatan Penguatan Kompetensi Dasar Terpadu (PKDT) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara (Pusbangkom ASN Kemensetneg), sejumlah 106 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2020 diajak berkunjung secara virtual ke beberapa unit kerja yang ada di lingkungan Kemensetneg, Kamis (4/2).

Kegiatan yang berjalan secara langsung (live) melalui aplikasi Zoom Meeting ini merupakan Program Onboarding dalam rangka orientasi pengenalan lingkungan Lembaga Kepresidenan sebagai proses penyesuaian CPNS dengan lingkungan kerja yang baru.


PKDT yang  diselenggarakan Pusbangkom ASN Kemensetneg bertujuan memperkuat kurikulum Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS sebagai upaya membentuk profil CPNS yang profesional dalam memberikan dukungan teknis, administrasi, dan analisis kepada Presiden dan Wakil Presiden.

CPNS Kemensetneg juga wajib menjalani masa percobaan (pra jabatan) selama satu tahun dengan berbagai proses pendidikan dan pelatihan secara terintegrasi untuk membangun integritas, moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme serta kebangsaan. Masa pra jabatan yang kemudian dikenal dengan Program Latsar ini juga dilakukan untuk membangun karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Sebagai kunjungan pertama hari ini, CPNS diajak bertandang secara virtual ke Bagian Keamanan Dalam (BKD). Kepala Subbagian Pengamanan, Muh. Ridwan menjelaskan tata cara masuk ke area lingkungan Kemensetneg, mulai dari keharusan memakai tanda pengenal pegawai atau tamu, pengaturan akses masuk, prosedur pengamanan, penggunaan transportasi online sampai dengan prosedur parkir.

Selanjutnya para CPNS dipandu oleh Analis Kebijakan Muda pada Asisten Deputi Hubungan Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah sekaligus anggota Komunitas Lari (Setneg Runners), Hangga Ady Cahyanto dan Analis Tata Usaha pada Subbagian Pengadaan Perlengkapan, Rilyan Shela Handini untuk mengunjungi Unit Kebugaran sebagai fasilitas yang disediakan Kemensetneg kepada pegawai.

Beberapa fasilitas yang dapat dipakai antara lain lapangan tennis, jogging track, ruang gym, dan sebagainya. “Saya juga sering jogging pagi sebelum mulai kerja. Kita masuk memakai tanda pengenal, memanfaatkan fasilitas di sini dari jam enam pagi sampai jam enam sore itu tidak masalah sepanjang tidak mengganggu pekerjaan,” kata Shela.


Kunjungan berikutnya adalah Bagian Pelayanan Kesehatan di mana para CPNS menerima informasi dari Kepala Subbagian Dukungan Administrasi Pelayanan Medis I, drg. Marissa Kartika Anthrasita. terkait pelayanan kesehatan yang ada di Kemensetneg mulai prosedur pendaftaran konsultasi dokter sampai mendapatkan pelayanan dan resep obat-obatan yang dibutuhkan pegawai.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Poliklinik Kemensetneg juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para pasien yang ingin berkonsultasi dengan para dokter. “Bagi teman-teman yang bertugas di Kemensetneg itu bisa mendapatkan pemeriksaan dan pelayanan Kesehatan, termasuk keluarga seperti anak, istri, dan suami. Namun, itu berlaku untuk pegawai Kemensetneg saja, kalau teman-teman di Sekretariat Kabinet hanya pegawainya saja,” ujar Marissa.

Di Bagian Persuratan, CPNS dijelaskan tentang alur surat masuk dan surat keluar untuk Presiden dan Menteri Sekretaris Negara, serta prosedur penerimaan paket dan  pendistribusian surat bagi pegawai yang bekerja di lingkungan Kemensetneg. Begitu pun dengan Bagian Layanan Perpustakaan, CPNS mendapatkan informasi tentang keanggotaan perpustakaan dan tata cara peminjaman/pengembalian buku koleksi Perpustakaan Kemensetneg.


Selain beberapa unit kerja yang menarik di lingkungan Kemensetneg, CPNS juga disuguhkan secara virtual dengan berkunjung ke Sekretariat Wakil Presiden pada lokus kunjungan, Istana Wakil Presiden dan area perkantoran yang dipandu oleh Analis SDM Aparatur Ahli Muda, Irene Astika Dewi dan Faniagi Hardianto.

Para CPNS yang bergabung dalam kunjungan virtual ke Lembaga Kepresidenan di lingkungan Kemensetneg, terlihat begitu aktif dalam sesi tanya jawab dengan narasumber. Seperti saat penjelasan Kepala Biro Pengelolaan Istana, Darmastuti Nugroho yang berbagi informasi mengenai tempat-tempat Presiden Joko Widodo melakukan kegiatannya sebagai Kepala Negara dan sejarah Istana Negara, Istana Merdeka, Wisma Negara, Kantor Presiden, dan Perkantoran pada lingkungan Sekretariat Presiden. “Bapak Presiden Joko Widodo sendiri juga hampir setiap hari bekerja di Istana Jakarta, mengingat banyak sekali yang harus difokuskan dan dikoordinasikan,” ujar Darmastuti.

Tidak ketinggalan, CPNS juga berkunjung ke empat Istana Kepresidenan yang ada di daerah, yaitu Istana Kepresidenan Tampaksiring, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Istana Kepresidenan Cipanas, dan Istana Kepresidenan Bogor. Para CPNS menerima penjelasan secara langsung serta penayangan video tentang sejarah, ciri khas, fungsi, pengaturan akses masuk, dan prosedur pengamanan yang ada pada masing-masing Istana Kepresidenan di daerah. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           0           0