Optimalkan Kinerja dengan Penggunaan Teknologi, Kemensetneg Jalin Kerja Sama Dengan PT Telkom Indonesia

Indonesia  | English
bagikan berita ke :

Selasa, 21 Desember 2021
Di baca 1270 kali

Di era disrupsi dan Revolusi Industri 4.0 seperti saat ini, penggunaan teknologi untuk mendukung optimalisasi dan otomasi kerja telah menjadi hal yang lumrah dan perlu diadaptasi, khususnya oleh kementerian/lembaga. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sebagai instansi yang berada di pusat pemerintahan patut menjadi pionir dalam mewujudkan penggunaan teknologi terbaru sehingga setiap tugas dan fungsi Kemensetneg dapat berjalan dengan cepat, efektif, dan efisien.

Sebagai bentuk inisiatif penggunaan teknologi dalam mendukung kinerja, Kementerian Sekretariat negara melalui Deputi Bidang Hubungan Lembaga dan Kemasyarakatan mengadakan penandatanganan Project Charter Big Data Analysis antara Deputi Bidang Hubungan Lembaga dan Kemasyarakatan Kemensetneg dengan Deputi  EVP Digital Business Builder PT Telkom Indonesia yang dilaksanakan di Ruang Aspirasi lantai 2, Gedung Sayap Timur Kemensetneg pada Selasa (21/12).

 


Gogor Oko Nurhayoko, Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan menyatakan bahwa kegiatan penandatanganan tersebut merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara, khususnya Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan dalam meningkatkan kualitas kerja guna mendukung Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri Sekretaris Negara. “Kementerian Sekretariat Negara, sesuai dengan arahan Mensesneg, harus menjadi yang terbaik. Dalam hal ini, terbaik harus dimaknai sebagai sesuatu yang transformatif, bukan statis. Kita perlu mengikuti perkembangan zaman. Kita mungkin saja terbaik di 2016, tapi yang terbaik di 2016 tersebut mungkin saja sudah tidak relevan dengan keadaan saat ini. Kita terbaik dengan menyesuaikan pada dinamika yang terus berkembang,” ujar Gogor memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut

Gogor juga menekankan bahwa Big Data Analysis dapat menjawab segala persoalan pekerjaan yang diakibatkan oleh disrupsi dan perubahan yang begitu cepat serta tuntutan masyarakat akan sistem pemeritahan yang transparan dan objektif. “Kita akan coba mengoptimalkan bagaimana pengaduan dan surat kepada Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri Sekretaris Negara dapat diproses dengan cepat, efisien, dan efektif sehingga masyarakat tidak menunggu lama untuk dapat diproses.”
Komang Budi Aryasa selaku Direktur EVP Business Builder PT Telkom Indonesia menyebutkan bahwa PT Telkom Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mendukung peningkatan yang dilakukan oleh Pemerintah, khususnya pembuatan teknologi. “Kami di PT Telkom Indonesia selalu mencari pola agar birokrasi di pemerintah semakin efisien, terutama Kementerian Sekretariat Negara menjadi pionir transformasi digital di pemerintahan.”


“Saya berpikir bahwa transformasi digital seharusnya menjadikan operasional pekerjaan akan lebih mudah, bukan lebih sulit. Untuk itu, saya berharap bahwa upaya ini dapat dilakukan dengan cepat sehingga upaya digitalisasi itu juga dampaknya akan lebih cepat dirasakan. Dengan dukungan dari seluruh jajaran di Kemensetneg, upaya ini akan mampu memberikan nuansa kerja baru di pemerintahan yang lebih agile, efektif, dan efisien,” tambah Komang dalam paparannya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan Project Chapter Big Data Analysis serta penyerahan Plakat Kementerian Sekretariat Negara kepada PT Telkom Indonesia. Kegiatan ini turut diikuti oleh jajaran Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan serta jajaran PT Telkom Indonesia. (OTH-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
3           0           0           0           0