Peserta Seleksi CPNS Kemensetneg Tahun 2019 Ikuti SKB Psikotest Online dan Wawancara Psikologis

 
bagikan berita ke :

Selasa, 15 September 2020
Di baca 232 kali

Selasa (15/9), Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Sekretariat Negara sebagai Sekretariat Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemensetneg tahun 2019 bersama PPSDM Consultant (Konsultasi Psikologi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) melakukan registrasi, verifikasi, pengawasan kepada peserta Psikotest Online dan Wawancara Psikologis kepada 309 Peserta Seleksi CPNS Kemensetneg Tahun 2019. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Psikotest ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan berlangsung hingga besok, Rabu 16 September 2020.

Masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, kegiatan SKB Psikotest juga dilaksanakan secara daring (online) seperti tahapan tes sebelumnya pada awal September lalu. Tujuan psikotes dalam pelaksanaan SKB peserta seleksi CPNS Kemensetneg tahun 2019 adalah untuk menggali tingkat kecerdasan yang mencakup sejumlah kemampuan, sikap, dan kepribadian para peserta seleksi. “Hasil dari psikotest akan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 dalam menilai para peserta seleksi,” kata Kepala Subagian Mutasi Jabatan, Biro SDM, Dede Mulyadi.


Kegiatan SKB Psikotest ini dibagi ke dalam beberapa room dengan masing-masing sekitar 30 peserta yang bergabung. Para peserta di lokasi masing-masing diharuskan berada dalam ruangan tertutup agar terbebas dari gangguan. Sebelum tes dimulai, peserta juga diminta menunjukan identitas diri berupa KTP dan Kartu Ujian. Host/Penguji dari PPSDM Consultant juga melakukan pengecekan jaringan dan koneksi internet serta memastikan situasi dan kondisi sekitar peserta di tempat masing-masing sudah dalam keadaan kondusif. Selain harus menggunakan laptop atau desktop computer, peserta diwajibkan selalu mengaktifkan kamera/video dan microphone dalam aplikasi Zoom Meeting selama sesi tes psikotes online berlangsung.    

Pada sesi Wawancara Psikologis, Host/Penguji PPSDM Consultant akan menempatkan para peserta ke dalam breakout room dalam aplikasi Zoom Meeting. Breakout room ini berfungsi sebagai ruang wawancara individual setiap peserta dengan Assessor  Psikolog. Bagi peserta yang telah mengikuti tahapan Wawancara Psikologis, dapat langsung meninggalkan Zoom Meeting.


Menurut jadwal, hasil rangkaian SKB akan diumumkan pada Oktober 2020 mendatang di website Kemensetneg www.setneg.go.id. Tahapan tes berikutnya akan dilaksanakan pada akhir bulan September ini yaitu  wawancara terkait substansi dengan user dari internal Kemensetneg. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           0           0