Program Setneg Mantul Dukung Strategi Komunikasi Keketuaan ASEAN 2023

Indonesia  | English
bagikan berita ke :

Senin, 13 Februari 2023
Di baca 800 kali

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Diseminasi Informasi ASEAN 2023 Lintas Pemerintah yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara daring melalui zoom, Senin (13/2).

Hadir sebagai pemateri, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong dan Direktur Informasi dan Media, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Hartyo Harkomoyo yang menjelaskan Strategi Komunikasi Keketuaan Indonesia di ASEAN dengan memberikan narasi tunggal dalam penyampaian informasi program-program pemerintah kepada masyarakat.

Usman menjelaskan ada beberapa hal yang perlu disepakati dalam kegiatan rapat rakor, antara lain dengan intens berkoordinasi dan melakukan komunikasi yang baik. Ia juga menyampaikan bahwa Kementerian Kominfo dan Kemenlu sepakat terkait pengelolaan website oleh Kementerian Kominfo seperti mekanisme saat pelaksanaan KTT G20 lalu.

"Dalam waktu dekat akan ada Forum BAKOHUMAS yang diadakan oleh Kemenlu dan Kemensetneg. Ini saya kira bagus sekali agar diseminasi informasi kepedulian terhadap keketuaan (event) di Indonesia merata di semua kementerian/lembaga, bahkan pemerintah daerah," jelas Usman.


Berbagai strategi komunikasi juga dipaparkan masing-masing kementerian dengan melakukan kolaborasi maupun diseminasi informasi untuk menyukseskan pergelaran KTT ASEAN  2023 yang akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Mei 2023 dan di Jakarta pada September 2023 mendatang.

Sementara, Hartyo juga menerangkan pentingnya kementerian/lembaga untuk berkolaborasi dan bekerja sama dalam rangka menyukseskan strategi komunikasi publik terkait keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023. Hartyo menekankan, "Agar narasi kita benar-benar dipahami, masing-masing dari kita mampu, dan dapat melakukan diseminasi informasi sesuai yang kita harapkan”.

Dalam mendukung suksesnya diseminasi informasi terkait komunikasi KTT ASEAN 2023, Kepala Biro Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto menambahkan informasi mengenai Program Setneg Mantul  Road to KTT ASEAN 2023, di mana penyelengaraannya akan berkolaborasi dengan kementerian/lembaga sebagai bentuk sinergitas mendukung suksesnya komunikasi KTT ASEAN 2023.

“Kegiatan Setneg Mantul Road to KTT  ASEAN 2023  mengajak kolaborasi K/L, BUMN, pusat dan daerah untuk membangun sinergitas dengan mempertajam dan mengintegrasikan kegiatan diseminasi komunikasi  KTT ASEAN 2023,” ujar Eddy. (SAM/DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
3           0           0           0           0