Sejumlah 49 Peserta Seleksi JPT Pratama di Lingkungan Kemensetneg Jalani Assesment Center

 
bagikan berita ke :

Senin, 31 Mei 2021
Di baca 81 kali

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Assesment Center pada seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kemensetng mulai hari ini (31/05) hingga 4 Juni 2021 mendatang.

Tujuan Assesment Center ini adalah untuk menilai kompetensi manajerial dan sosio kultural sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Pelaksanaan tes yang bertempat di Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN) BKN, Ciawi, Jawa Barat ini, dihadiri oleh 49 peserta yang telah lulus mengikuti tes penulisan makalah.


"Hari ini, Senin tanggal 31 Mei 2021, Kemensetneg bersama dengan BKN melaksanakan Tes Penilaian Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural untuk JPT Pratama di lingkungan Kemensetneg. Sejumlah 50 orang yang lulus mengikuti tes ini. Namun, satu orang mengundurkan diri karena telah diterima di instansi lain," terang Agussalim selaku Kepala Biro Kepegawaian Kemensetneg saat dijumpai.

Agussalim menyampaikan bahwa tes kali ini dilaksanakan secara luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan). "BKN meminta untuk tes kali ini dilaksanakan secara luring dan daring. Dilaksanakan secara luring juga agar meminimalisasi kesalahan  seperti gangguan jaringan dan sebagainya serta untuk mempermudah koordinasi kepada peserta, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Agussalim


Assesor Utama BKN, Purwanto menyampaikan hal senada. "Pelaksanaan tes ini akan dibantu oleh tiga belas Assesor yang berasal dari beberapa instansi. Tes ini dilakukan semi daring agar lebih mudah koordinasi terkait substansi materi, menyangkut suatu metode dan sebagainya dengan peserta. Penggunaan teknologi informasi juga sudah kita sampaikan pada saat briefing beberapa waktu lalu dan nanti ada juga Focus Group Discussion (FGD) serta wawancara," jelas Purwanto dalam sambutannya mewakili Ketua Tim Assesor.

Sebagai informasi, peserta yang mengikuti Assesment Center ini telah lulus mengikuti tes seleksi makalah yang dilaksanakan pada 11 Mei 2021 lalu. Hasil Assesment Center ini akan diumumkan pada situs web Kemensetneg pada tanggal 16 Juni 2021. Selanjutnya, peserta akan  mengikuti Wawancara Akhir guna menyelesaikan syarat seleksi dalam rangka berkompetisi menduduki sembilan JPT Pratama di lingkungan Kemensetneg.  (ART, Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0