Siapkan Percepatan Implementasi e-PPID, Kemensetneg Gandeng Pemerintah Provinsi Jabar

 
bagikan berita ke :

Jumat, 04 Oktober 2019
Di baca 3826 kali

Dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi publik melalui percepatan implementasi e-PPID,  Kemensetneg mengunjungi  PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Kamis (3/10). Kunjungan tersebut dimaksudkan sebagai ajang diskusi dan kolaborasi mengenai sistem pengelolaan PPID.

Pemilihan PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai lokus kunjungan bukanlah tanpa alasan, mengingat jajaran PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membuktikan diri sebagai institusi yang memiliki perhatian tinggi terhadap keterbukaan informasi publik,  hal ini terbukti pada tahun 2018 PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapat penghargaan Badan Publik Pemerintah Provinsi dengan Kualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat.


Kemensetneg terus mengembangkan inovasi dalam bekerja dengan  strategi kebijakan yang bertumpu pada  deregulasi, debirokratisasi dengan pengembangan SDM, utamanya mengedepankan pemanfaatan IT  untuk mendigitalisasi bisnis proses pekerjaan,  sehingga dapat bekerja secara cepat, cerdas, dan tepat agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik termasuk pengelolaan informasi publik.

Akhmad Taufiqurrahman mewakili pengelola PPID Propinsi Jawa Barat, menyambut baik kedatangan tim Kemensetneg ke PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat,  serta memandang diskusi yang dilakukan memiliki nilai strategis dalam merancang kolaborasi yang akan dikembangkan sehingga kedua institusi dapat meningkatkan konstribusinya untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik   serta  menjadi teladan dalam mengembangkan inovasi.

Dalam  diskusi yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan  tersebut, juga dibahas  terkait wujud kongkrit kolaborasi kedua institusi dalam membantu menyebarluaskan spirit inovasi, disamping itu juga disampaikan harapan PPID pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk  melakukan kunjungan ke PPID Kemensetneg.


“Kami ingin mengetahui lebih dalam mengenai inovasi di Kemensetneg termasuk sistem pengelolaan informasi publik di Kemensetneg, mengingat PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum memiliki layanan PPID secara mobile, layanan yang sedang dikembangkan adalah permohonan informasi secara online melalui website http://ppid.jabarprov.go.id/,”  ujar Akhmad Taufiqurrahman.


Pada kunjungan ini Bayu Andrianto selaku penanggungjawab e-PPID Kemensetneg berkesempatan mempresentasikan  layanan terbaru PPID Kemensetneg yang akan segera diluncurkan,  yaitu Aplikasi e-PPID Berbasis Android, aplikasi e-PPID terintegrasi dengan website www.setneg.go.id.

“Pelayanan informasi publik melalui e-PPID Kemensetneg tidak jauh berbeda dengan pelayanan melalui website Kemensetneg, namun pada e-PPID terdapat fitur baru yaitu chat PPID, dengan chat PPID dimana PPID Kemensetneg dapat berkomunikasi langsung dengan pemohon informasi, selain itu pada e-PPID terdapat fitur saran dan aduan, pemohon informasi dapat memberikan tanggapan terhadap pelayanan yang diberikan PPID Kemensetneg,” ujar Bayu.

Selepas diskusi jajaran Kemensetneg diajak oleh PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengunjungi ruang layanan informasi publik  Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (BA – Humas Kemensetneg)

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0