Wapres Apresiasi CFCD Terus Dukung Pencapaian SDGs Indonesia

 
bagikan berita ke :

Rabu, 29 Juni 2022
Di baca 81 kali

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini menerima audiensi dari jajaran pengurus Corporate Forum for CSR Development (CFCD) di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2 Jakarta Pusat, Rabu (29/06/2022).

 

Pada kesempatan ini, Wapres menyampaikan apresiasinya terhadap kiprah CFCD yang terus mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia melalui berbagai programnya.

 

“Saya mengapresiasi CFCD yang terus mendukung pencapaian SDGs di Indonesia dengan aktif mendorong terwujudnya kemitraan strategis multipihak dalam pencapaian SDGs, membantu korporasi dalam merumuskan peran strategis baru pada SDGs dan keberlanjutannya, serta pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

 

Berbagai upaya tersebut, sambung Wapres, diharapkan dapat mendorong upaya pembangunan ekonomi yang inklusif, ramah lingkungan, serta mendorong praktek energi terbarukan di komunitas atau masyarakat pedesaan.

 

“Kami juga mengapresiasi perusahaan/korporasi yang telah berkomitmen dalam program CSR-nya dengan membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan, dan berkontribusi secara aktif memberikan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan peningkatan indeks pembangunan manusia, seperti penyediaan air bersih, kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera, pengembangan sektor koperasi dan UMKM, serta ragam pemberdayaan masyarakat lainnya,” tutur Wapres.

 

Berbagai program tersebut, sambung Wapres, sangat relevan dengan upaya pemerintah khususnya dalam memberantas kemiskinan.

 

“Pemerintah saat ini terus berupaya memberantas kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem melalui upaya-upaya perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

 

Wapres berpesan melalui CFCD agar pendekatan yang dilakukan perusahaan-perusahaan dalam CSR untuk mencapai SDGs harus benar-benar holistik dan mengacu pada standar global. Selain itu, hal yang tak kalah penting untuk dipikirkan adalah kebutuhan akan dukungan finansial dan adanya celah pembiayaan SDGs yang cukup besar.

 

“Diperlukan respon extraordinary dari seluruh pihak agar dapat menghasilkan inovasi kreatif atas instrumen pendanaan, kolaborasi dalam investasi, dan mobilisasi dana tidak hanya dari APBN, namun juga dari sektor swasta secara stand alone, filantropis, dan masyarakat,” pesannya.

 

Sebelumnya, Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno melaporkan bahwa CFCD yang berdiri sejak 20 tahun lalu terus konsisten membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan bangsa dan mengajak korporasi untuk bersama-sama berusaha mencapai SDGs.

 

“Kegiatan kami di CFCD itu adalah mengedukasi dan terkadang memprovokasi perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan program CSR-nya guna membantu masyarakat,” tuturnya.

 

Tidak hanya dengan korporasi swasta, tambah Thendri, dalam melaksanakan programnya CFCD juga melakukan kerjasama dengan berbagai kementerian/lembaga.

 

“Anggota kami pernah mencapai 530-an korporasi besar. Kalau saja fenomena ini bisa dijadikan sebuah gerakan yang lebih masif lagi maka dampaknya akan sangat luar biasa dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) CFCD Suharman Noerman melaporkan bahwa CFCD akan menyelenggarakan beberapa acara pada Juli 2022. Salah satunya, Indonesia SDGs Corporate Summit (ISCOS) pada 27-28 Juli 2022 di Bali.

 

“Kami berharap Bapak Wapres berkenan hadir langsung atau memberikan arahan secara virtual pada acara tersebut,” harap Suharman.

 

Menanggapi hal ini, Wapres pun menyambut baik penyelenggaraan ISCOS 2022 dalam rangka mendukung presidensi G-20 Indonesia yang diharapkan akan menjadi momentum yang baik untuk mengusung agenda strategis pencapaian SDGs Indonesia.

 

“Dalam pertemuan tersebut para peserta diharapkan dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, praktik terbaik, kemitraan, dan kebijakan inovatif untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan,” harapnya.

 

Sebagai informasi, CFCD merupakan organisasi korporasi penggiat CSR berbasis ISO 26000 Guidance Social Responsibility yang mulai berkiprah sejak 2002 dalam penguatan program CSR/Community Development di lingkar perusahaan di Indonesia.

 

CFCD merupakan jejaring kerja SR global dalam ISO 26000 Stakeholders Global Network (SGN) yang berpusat di Austria. CFCD juga merupakan pemilik hak kekayaan intelektual atas Indonesian SDGs Awards (ISDA) yang berlangsung sejak 2016 dengan peserta korporasi sekitar 120 perusahaan termasuk BUMN/ BUMS Nasional dan multi-nasional.

 

Bersama instansi pemerintah terkait, CFCD memprakarsai Indonesian SDGs Corporate Summit yang bertujuan mendorong kesadaran dan komitmen perusahaan dalam menyelenggarakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs untuk mencapai target SDGs 2030 di Indonesia.

 

Turut hadir mendampingi Ketua Umum dan Sekjen CFDC, Board advisor Indonesian SGDs Corporate Summit (ISCOS) Siti Nur Azizah, Ketua Hubungan Stakeholders/Humas CFCD Hulfa, Komisaris Pertamina Geothermal Energy Sarman Simanjorang, dan GM CSR PT Kaltim Prima Coal Louise Gerda Pessireron.

 

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing M. Zulkarnain. (EP/AS-BPMI Setwapres)

Kategori :
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           2           0           0           0