Antusiasme Arsiparis Kemensetneg Belajar Manajemen Arsip Kepresidenan di Korea

 
bagikan berita ke :

Jumat, 05 Juli 2019
Di baca 1657 kali

20 Pejabat dan Arsiparis dari Kementerian Sekretariat Negara dan Arsip Nasional mengikuti Pelatihan Strengthening Strategic Policy Framework and Human Resources Capacity Development for the Presidential Records and Archives Management mulai tanggal 22 Juni s.d. 6 Juli 2019 di Arsip Nasional Korea. Pelatihan tersebut merupakan kerja sama kedua negara untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia. Pelatihan sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Korea mulai dari transportasi, konsumsi, dan akomodasi selama di Korea.

                     

Setelah hampir 2 minggu mengikuti pelatihan di Korea, para peserta mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan tentang Pengelolaan Arsip Kepresidenan Korea, sejarah, kebijakan, Undang-undang Arsip Kepresidenan Korea, organisasi dan manajemen sumber daya manusia, teknologi informasi, peralatan kearsipan, pelestarian arsip dan masih banyak hal lagi yang bisa digali para peserta dalam pelatihan ini.

 

Selain mendapat materi pembelajaran di kelas, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan, para peserta juga diajak untuk studi banding ke Pusat Arsip Kepresidenan Korea di Sejong, Museum Sejarah Kotemporer  Nasional di Cheongwadae Sarangchae, Pusat Data Kementerian Luar Negeri, Museum dan Perpustakaan Presiden Kim Daejung, Pusat Teknologi Informasi Makamah Agung, dan mengeksplorasi Arsip Nasional Korea. Pada kesempatan tersebut, para peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi Kedutaan Besar Indonesia di Seoul untuk bersilaturahmi.