Kemensetneg Hadirkan Registrasi Digital Pada World Water Forum ke-10 Tahun 2024

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 18 Mei 2024
Di baca 451 kali

World Water Forum (WWF) 2024 akan diselenggarakan di Bali, pada tanggal 18 - 25 Mei 2024. Acara ini menjadi tantangan baru sekaligus kehormatan bagi Indonesia, setelah sebelumnya pada tahun 2022 berhasil menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 dan pada 2023 Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN, dan Archipelagic and Island States (AIS).

 

Serupa dengan konferensi sebelumnya, penyelenggaraan WWF 2024 menuntut kemampuan adaptasi yang mumpuni terhadap teknologi terbaru. Kemensetneg terus bertransformasi dalam memberikan pelayanan bagi para pemimpin negara dan delegasi yang hadir dalam acara dimaksud. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemensetneg adalah memberikan layanan registrasi daring bagi para delegasi yang hadir dan panitia yang bertugas. Harapannya, Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi para tamu negara dan delegasi selama acara.

 

Layanan registrasi ini dibuka mulai tanggal 15 - 20 Mei 2024, yang menjadi awal rangkaian penyelenggaran World Water Forum 2024. Para tamu negara, delegasi, dan panitia mengisi data diri dan mengunggah foto pada laman World Water Forum. Setelah pengisian, terdapat balasan surat elektronik World Water Forum yang berisi konfirmasi pengisian form data diri.

 

Pengisian secara daring ini bertujuan untuk memudahkan para tamu negara, delegasi, serta peserta yang berasal dari Indonesia dan mancanegara untuk mendapatkan tanda pengenal (ID Card) setibanya sampai di lokasi penyelenggaraan. Teknologi ini dilakukan sebagai wujud profesionalisme dan komitmen Pemerintah Indonesia dengan memberikan prosedur dan sistem yang memudahkan dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi setiap stakeholders yang hadir.

 

Tanda pengenal yang akan digunakan para tamu negara, delegasi, dan panitia penyelenggara memiliki keunikan khusus, dimana tanda pengenal tersebut disematkan hologram yang berlogo Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang menjamin keaslian dan keamanan dari tanda pengenal (ID Card) dimaksud. 

 

ID Card tersebut memudahkan tim pengamanan untuk mengenali setiap orang yang masuk ke lokasi penyelenggaraan. Jika terjadi ketidaksesuaian data, orang dimaksud tidak dapat memasuki lokasi. Dengan cara ini, Pemerintah Indonesia memastikan berjalannya penyelenggaraan World Water Forum 2024 dengan sistem yang memudahkan serta memberikan kenyamanan dan keamanan para delegasi, tamu negara, dan panitia pendukung.

 

Adapun tanda pengenal tersebut terdiri atas berbagai kategori, diantaranya Overpass, Organizing Committee, Indonesian Official, Delegates, National Committee, dan Technical Staff.

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           2           0           0           2