Pengalaman Berharga Menjadi Mahasiswa Magang di Humas Kemensetneg: Menyaksikan Dunia Humas Pemerintahan dari Dekat

 
bagikan berita ke :

Selasa, 06 Juni 2023
Di baca 2263 kali

Perkenalkan, saya Marissa sebagai salah satu mahasiswa yang sedang mengambil konsentrasi Administrasi Keuangan Publik di Universitas Padjajaran yang mempunyai kewajiban untuk mengikuti praktek lapangan atau magang. Magang merupakan salah satu kegiatan yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja. Salah satu tempat magang yang menjadi pilihan saya adalah di Humas Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara), tepatnya di bagian Task Force A (PIP-Disfo) selama 4 bulan (Februari-Mei 2023).

 

Selama magang di Humas Kemensetneg, saya mendapatkan kesempatan untuk memahami secara mendalam bagaimana proses pengolahan media sosial pemerintahan dilakukan. Saat Magang, saya terlibat dalam berbagai kegiatan, mulai dari membantu menyusun materi publikasi, menyiapkan acara kunjungan, menghadiri rapat, membuat artikel, hingga mendukung pengelolaan konten media sosial. Satu hal yang sangat menarik adalah melihat bagaimana tim Humas Kemensetneg beroperasi dengan efisien dan profesional.

Mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang pentingnya menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan jelas dan akurat. Saya belajar banyak tentang strategi komunikasi yang efektif, seperti penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh publik dan pengelolaan krisis dalam komunikasi pemerintahan.

 

Magang disini juga sangat menyenangkan, kita diarahkan untuk bekerja dalam tim. Hal ini meningkatkan skill teamwork saya dalam bekerja. Saya bersama team juga diberikan kesempatan untuk eksplore tempat-tempat wisata edukasi di sekitar Kemensetneg seperti Monas, TIM, Perpusnas, dan berbagai Museum untuk membuat konten bersama. Selain itu, merupakan sebuah kehormatan bagi saya karena bisa merasakan pengalaman menjadi pemandu acara (MC) pertama kali pada acara kunjungan dari  Delegasi Pengajar dan Siswa SMP Prima Cendikia Islami ke Kementerian Sekretariat Negara yang dihadiri oleh Staf Ahli Mensesneg Bidang Politik, Pertahanan dan Keamanan, Prof. Dr. Dadan Wildan, M. Hum., Kepala Biro Humas Kemensetneg, Bapak Eddy Cahyono Sugiarto, Sos., M.Si. dengan 117 peserta acara yang diselenggarakan di Aula Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara RI. Pengalaman memandu acara ini melatih kemampuan public speaking dan meningkatkan kepercayaan diri saya, sesuatu yang tidak diajarkan di bangku kuliah.

Pengalaman magang di Humas Kemensetneg telah memberikan saya wawasan yang berharga tentang komunikasi pemerintahan dan peran humas dalam membentuk citra pemerintah di mata publik. Saya merasa terinspirasi dan siap mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh selama magang ini di dunia kerja nanti.

 

Saya berterima kasih kepada seluruh tim Humas Kemensetneg terutama tim pada Task Force A yaitu bidang PIP DISFO (Diseminasi Informasi) yang telah membimbing dan memberikan kesempatan berharga bagi saya selama magang ini. Pengalaman ini akan selalu saya kenang dan menjadi landasan untuk mengembangkan diri di bidang komunikasi pemerintahan. (MRS)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           2           1           0           0