Festival Rupiah Berdaulat Bank Indonesia 2022 Digelar di Hall Basket GBK

 
bagikan berita ke :

Jumat, 19 Agustus 2022
Di baca 658 kali

Keberadaan uang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia, uang digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, uang merupakan alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu. Sebagai alat barter atau alat tukar yang sah dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, masyarakat Indonesia menggunakan mata uang yang bernama “Rupiah”. Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia

 

Masyarakat Indonesia pun begitu mengenal mata uang Rupiah hingga terkadang dengan hanya melihat dari warna atau gambar yang tertera sudah dapat mengetahui besaran uang tersebut. Bahkan dari gambar uang Rupiah yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia, kita dapat mengetahui sejarah dan metamorfosis uang Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Bagi masyarakat yang penasaran dengan sejarah dan metamorfosis rupiah dapat menyambangi Festival Rupiah Berdaulat Bank Indonesia 2022 atau FERBI 2022. FERBI 2022 yang diprakarsai oleh Bank Indonesia digelar di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada tanggal 19-21 Agustus 2022.

 


Foto: Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi, PPKGBK

 

FERBI 2022 diselenggarakan sebagai bentuk syukur atas pencapaian pembangunan bangsa Indonesia dalam perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Festival yang digelar pertama kali ini mengangkat tema “Bersatu dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI”. Festival ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang sajarah, metamorfosis, sejauh mana peran rupiah hingga meningkatkan rasa cinta dan bangga akan rupiah serta memperkuat kedaulatan bangsa Indonesia.

 

FERBI 2022 ini juga menjadi rangkaian acara peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 yang telah dilakukan Bank Indonesia dan Pemerintah pada tanggal 18 Agustus 2022. Sebanyak 7 (tujuh) buah pecahan uang rupiah yaitu Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000.

 


Foto: Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi, PPKGBK

 

Desain utama Tahun Emisi (TE) 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional, peta nusantara dan burung garuda pada bagian depan. Sementara itu, pada sisi lainnya mengangkat tema keanekaragaman budaya Indonesia seperti gambar tarian, pemandangan alam, flora, dan fauna. Namun, pada desain uang baru ini ada tiga aspek inovasi, yakni memiliki warna yang lebih tajam, memiliki unsur pengaman yang lebih andal, dan menggunakan bahan dengan ketahanan yang lebih baik sehingga dapat mempermudah masyarakat mengenali ciri keasliannya lebih mudah, nyaman, dan aman digunakan serta lebih sulit untuk dipalsukan. 

 

Masyarakat dapat menyambangi Hall Basket GBK untuk melihat langsung uang Rupiah TE terbaru tersebut. Tidak hanya itu, selama empat hari festival yang terbuka untuk umum ini akan dimeriahkan dengan Pameran Lintas Sejarah Uang Rupiah, berbagai lomba dan talkshow tentang uang Rupiah, layanan penjualan Uang Rupiah Khusus, dan pertunjukkan hiburan yang menarik. Di Pameran Lintas Sejarah Uang Rupiah, para pengunjung dapat mengetahui langsung perjalanan sejarah mata uang yang digunakan di Indonesia dari masa ke masa. Baik dari masa kerajaan yang berupa koin hingga pecahan rupiah hingga saat ini. 

 


Foto: Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi, PPKGBK

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0