Pesta Anak Bangsa Resmi digelar di GBK

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 08 Juli 2023
Di baca 2600 kali

Mengunjungi Kawasan GBK di akhir pekan di sela liburan panjang dapat menjadi salah satu pilihan. Di kawasan olahraga ini, beragam aktivitas tentunya dapat dilakukan bersama keluarga. Selain berolahraga, pengunjung juga dapat menyambangi Plaza Tenggara dan Parkir Selatan GBK yang sedang menyelenggarakan Gelaran Festival Indonesia – Pesta Anak Bangsa.

Festival Indonesia – Pesta Anak Bangsa yang berlangsung pada tanggal 8 dan 9 Juli 2023 ini diprakarsai oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA). Festival ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang telah digelar sejak tahun 2020.  

Buat para pencinta belanja dan wisata wajib mengunjungi gelaran festival ini. Di gelaran ini ratusan booth Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hadir dengan beragam produk lokal menungal Indonesia. Para pengunjung pun dapat mengunjungi arena panggung budaya, panggung hiburan, zona permainan interaktif, zona permainan anak dan tentunya sentra kuliner.

Selain itu, Gelaran Festival Indonesia ini sungguh kental akan nuansa budaya lokal Indonesia. Segala aspek festival kali ini mencerminkan kreativitas dan memiliki cita rasa yang unik karena masing-masing daerahnya menggunakan bahan baku lokal yang menjadi identitas produknya.

  


 

Sisi unik lainnya dari gelaran festival kali ini adalah karena lokasi acaranya di Jakarta, kesenian lokal Tanjidor menjadi salah satu kesenian yang diusung saat upacara pembukaan Festival Indonesia. Para tamu yang hadir terlihat menarik dengan mengenakan produk-produk Indonesia seperti berbusana batik dan mengenakan cendera mata lokal sebagai asesorisnya.

Saat pembukaan Festival Indonesia, Ketua Umum IdEA, Bima Laga menyampaikan bahwa Festival Indonesia Pesta Anak Bangsa mengusung konsep One Stop Business, Shopping, dan Entertainment. Kegiatan ini digelar sebagai salah satu wujud nyata betapa cinta kita akan produk lokal Indonesia dan upaya melestarikan budaya yang sekaligus memberikan dampak positif terhadap sektor perekonomian yang sempat terdampak pandemi COVID-19.

IdEA menggandeng pemerintah dan pihak swasta untuk membantu UMKM dan memunculkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang dibungkus dalam platform digital dengan tujuan agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat produk-produk lokal Indonesia. Bima juga menyampaikan harapannya semoga melalui kegiatan ini, produk Indonesia yang berkualitas yang merupakan karya anak bangsa dapat terus dikenal masyarakat dan bisa terus tumbuh tidak hanya di ranah lokal tetapi mampu bersaing di tingkat internasional.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neil El Himan juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas penyelenggaraan Festival Indonesia yang turut menghadirkan produk-produk lokal, mulai dari busana, kerajinan tangga, hingga beragam kuliner yang mampu meningkatkan peningkatan daya beli masyarakat pada produk usaha kreatif. “Kami ucapkan terima kasih, dan mari kita wujudkan pencapaian target Germas bbi demi kemajuan ekonomi nasional yang berbasis pada UMKM,” kata Muhammad. (TNS-PPKGBK/WKA/SRN-Humas Kemensetneg)

Kategori :
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           1           0           0           0