Kendalikan Populasi Kuda, Istana Cipanas Gandeng IPB

 
bagikan berita ke :

Selasa, 30 Mei 2023
Di baca 4419 kali

Istana Kepresidenan Cipanas bekerja sama dengan Sekolah Vokasi (SV) dan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) Institut Pertanian Bogor (IPB) University melaksanakan kastrasi dua ekor kuda jantan koleksi Istana Kepresidenan Cipanas di halaman belakang Istana Cipanas pada Jumat, 19 Mei 2023 lalu.

 

Kastrasi adalah pengangkatan testis pada kuda jantan untuk menghilangkan kemampuan reproduksi, sehingga tidak dapat menghamili kuda betina. Kastrasi ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi sifat agresif kuda dan mengendalikan populasi kuda yang sudah melebihi kapasitas di Istana Cipanas.

 

Saat ini koleksi kuda Istana Cipanas sudah berjumlah 23 ekor, terdiri dari 10 ekor jantan dan 13 ekor betina. Kuda yang akan dikastrasi adalah dua ekor kuda jantan bernama Birma (usia 5 tahun 11 bulan) dan Junior (2 tahun 10 bulan). Kedua kuda ini dipilih karena masih berusia muda, sehingga karakternya masih bisa dibentuk dan diharapkan proses penyembuhan lukanya dapat lebih cepat.

Fotografer: Afif Syammary, Lenna Yuliani

Kegiatan kastrasi ini merupakan bagian dari kerja sama Sekretariat Presiden dan IPB yang sudah berjalan hampir lima tahun. Untuk pelaksanaan operasi, SV dan SKHB IPB menugaskan enam orang dokter hewan yang merupakan staf pengajarnya dibantu dengan para mahasiswa. Bagi para mahasiswa SV IPB, kegiatan ini sekaligus menjadi praktek mata kuliah Teknik Persiapan dan Perawatan Pasca Operasi.

 

Operasi Birma dan Junior yang berlangsung sekitar 2,5 jam dapat berjalan lancar. “Kedua kuda ini kandidat yang baik sekali untuk operasi. Umurnya masih sangat muda, sehingga di akhir operasi kita mendapatkan hasil yang cukup maksimal karena tidak banyak pendarahan” ujar drh. Budhy Jasa Widyananta, staf pengajar SKHB IPB yang mengoperasi kedua kuda tersebut. Sepekan pertama setelah operasi, Birma dan Junior tetap dimonitor oleh para mahasiswa di bawah pengawasan staf pengajar SV dan SKHB IPB.

Fotografer: Afif Syammary, Lenna Yuliani

Semoga Birma dan Junior lekas sembuh agar dapat bermain kembali dengan para pengunjung Istana Cipanas. (Ferdi Istana Kepresidenan Cipanas/WKA-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
5           3           0           0           1