Gembira Bersama Ibu Negara, Anak Yatim Piatu Berkumpul di Istana Kepresidenan Yogyakarta

 
bagikan berita ke :

Selasa, 15 Mei 2018
Di baca 364 kali

Senin (14/5) menjadi hari yang penuh keceriaan di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Kurang lebih 500 anak dari 25 panti asuhan di Yogyakarta berkumpul dalam acara kegiatan sosial yang dihadiri oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Kegiatan sosial yang digelar di Ruang Kesenian Istana Kepresidenan Yogyakarta ini mengusung tema "Gembira bersama Ibu Iriana Joko Widodo". Acara ini terwujud atas inisiasi dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja dan didukung oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

OASE merupakan organisasi yang diinisiasi oleh Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden bertepatan dengan pelantikan Kabinet Kerja oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober 2014. Anggota organisasi ini merupakan kumpulan dari istri-istri menteri di Kabinet Kerja. Tujuan utamanya adalah mendukung gerakan revolusi mental yang menjadi pedoman Kabinet Kerja.

Dalam rangkaian acara, anak-anak dari berbagai panti asuhan tersebut bersama-sama menyaksikan penampilan marching band dari PSMP Antasena, Magelang di halaman depan Gedung Induk Istana Kepresidenan Yogyakarta. Pertunjukan ini menjadi pembuka, sembari para peserta menunggu kedatangan Ibu Negara dari Jakarta.

Para anak pun menikmati es krim yang dibagikan oleh panitia sambil menyaksikan penampilan kawan mereka yang sedang memainkan drumband. Antusiasme tidak hanya tampak pada anak-anak, tetapi juga pada beberapa istri menteri Kabinet Kerja. Beberapa istri menteri tampak akrab mengajak berbincang anak-anak kecil. Beberapa yang lain pun terlihat berswafoto bersama mereka. Tidak jarang, antara anak dengan para istri menteri pun tertawa bersama sembari bernyanyi dan melambaikan bendera kecil yang mereka bawa.

Raut muka bahagia tampak dari wajah Erli (12 tahun) yang datang bersama 13 temannya dari Panti Asuhan Muhammadiyah Tuksono Sentolo. “Saya baru pertama kali masuk ke Istana ini dan seneng banget rasanya. Kami berangkat jam 06.00 dari Sentolo,” kata Erli. Hal senada juga diungkapkan oleh Linda (14 tahun) dari Panti Asuhan Brayat Pinuji Boro, Kulon Progo.

“Acara ini bertujuan agar anak-anak yatim piatu mendapatkan layanan sesuai harapan dan mereka bisa bertemu dan bergembira dengan Ibu Negara dan Ibu Mufidah Yusuf Kalla. Anak-anak juga dapat menyampaikan harapan dan pandangan,” ujar Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial, Nahar.

Sekitar pukul 8.30 WIB pagi, Ibu Negara tiba di Gedung Induk Istana Kepresidenan Yogyakarta. Disambut oleh Saipullah, Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta, Ibu Iriana kemudian menyapa beberapa pegawai. Rombongan istri menteri yang mengikuti Ibu Negara juga tampak menuruni bus yang membawa mereka dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

Tidak lama berselang, Ibu Negara memasuki tempat acara berlangsung. Tepuk tangan dan sambutan meriah dari anak-anak yang dipandu oleh Ibu Nora Ryacudu, istri dari Menteri Pertahanan RI memecah suasana. Ibu Iriana melambaikan tangan dan bersalaman dengan beberapa anak lalu mengambil posisi dengan duduk berlesehan bersama dengan anak-anak. Ibu Iriana duduk didampingi oleh ibu Ida Pratikno dan Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Acara dibuka dengan nyanyian dari para badut, setelah itu dilanjutkan dengan menyanyi bersama yang dipandu oleh Ibu Negara. Beberapa istri menteri pun tak ketinggalan menampilkan pementasan mini drama. Mereka adalah Ibu Hasbiyah Natsir dan Endang Nugrahani Pramono Anung.

“Siapa yang tahu lagu cublak-cublak suweng? Sekarang kita menyanyi bersama ya!” ajak Ibu Iriana pada anak-anak. Iringan lagu dan ajakan menari para badut yang mengisi acara semakin memeriahkan suasana.

Ibu Iriana pun tidak lupa memberikan hadiah bagi mereka yang mampu menjawab pertanyaan. Uniknya, dalam acara ini juga diperkenalkan anak-anak yang memiliki prestasi memukau, antara lain lomba adzan, pencak silat, dan pidato bahasa inggris.

Ibu Negara tampak tercengang ketika menyaksikan Angger, anak dengan prestasi lomba adzan mengumandangkan adzan dengan suara merdu. Antusias Ibu Negara juga tidak lepas ketika melihat peragaan silat.

Berlangsung meriah, akhir acara sosial ini pun ditutup dengan menyanyi bersama Ibu Negara yang didampingi oleh para istri menteri di atas panggung Ruang Kesenian Istana Kepresidenan Yogyakarta. (Karisma Widya/Nova Heni - Istana Kepresidenan Yogyakarta).

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0