Indonesia Pertama Kali Gelar Pertandingan Hockey Internasional

 
bagikan berita ke :

Minggu, 20 Maret 2022
Di baca 580 kali

Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia bekerja sama dengan Federasi Hockey Asia Hockey atau The Asian Hockey Federation (AHF) menggelar kejuaraan Men’s AFH Cup 2022. Kejuaraan ini digelar pada tanggal 11 Maret 2022 hingga 20 Maret 2022 di Lapangan Hockey Gelora Bung Karno.

 

Menjadi tuan rumah kejuaraan Men’s AFH Cup 2022 merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia dan ini menunjukkan kepercayaan federasi olahraga internasional kepada Indonesia. Penyelenggaraan kejuaraan hockey Asia pertama kalinya di Indonesia akan membuka kesempatan bagi para atlet hockey Indonesia untuk dapat mengukir prestasi seraya lebih mempopulerkan dan mengembangkan olahraga hockey di Indonesia.

 

Seluruh pertandingan Kejuaraan Men’s AFH Cup 2022 diikuti oleh 9 dari 10 negara peserta, yaitu Thailand, Sri Langka, Uzbekistan, Kazakhstan, Oman, Singapura, Bangladesh, Iran, dan Indonesia. Sementara itu, China batal hadir dalam kejuaraan ini dikarenakan beberapa atletnya terpapar Covid-19. Kejuaraan ini juga merupakan salah satu ajang kualifikasi menuju Piala Asia Hockey.

 

Perjuangan Tim Merah Putih memang tidak mudah, namun Indonesia membuktikan perjuangannya tidak sia-sia. Dalam kejuaraan ini, Indonesia bertemu dengan tim Bangladesh, Singapura, Oman, Iran, Thailand, dan Uzbekistan. Dari enam pertandingan, Indonesia berhasil memenangkan tiga pertandingan, yaitu Singapura-Indonesia (3-2), Indonesia-Iran (7-0), dan Uzbekistan-Indonesia (1-6). Kemenangan Indonesia atas Singapura merupakan pertama kalinya dalam sejarah panjang pertandingan hockey. Sementara itu, di tiga pertandingan lainnya Indonesia harus mengakui keunggulan Tim Bangladesh, Oman, dan Thailand, dengan skor masing-masing 7-2, 9-1, 1-0.

 

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali yang berkesempatan meninjau kejuaraan Men’s AFH Cup 2022 pada 17 Maret 2022 lalu menyampaikan bahwa kejuraan ini penting bagi Tim Hoki Indonesia untuk mengasah kemampuan dan dapat berprestasi di tingkat Asia. Zainuddi berharap tim hockey Indonesia dapat lolos kualifikasi dan tampil di olimpiade.

 

Hasil akhir ajang Men’s AFH Cup 2022 menunjukkan podium juara 1, 2, dan 3 ditempati secara berurutan oleh tim dari Bangladesh, Oman, dan Sri Lanka. Sementara Indonesia berada di peringkat ke-7 setelah berhasil mengalahkan tim Uzbekistan pada 20 Maret 2022 lalu.

 

Setelah berhasil menggelar rangkaian kegiatan Men’s AFH Cup 2022 dengan sukses, Indonesia kembali mendapatkan kehormatan dari AHF untuk menjadi tuan rumah Piala Asia Hockey Tahun 2022 yang akan digelar pada 23 Mei 2022 hingga 1 Juni 2022 di Jakarta. (Tri Novita Sari-PPKGBK_Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0