Ingin Menjadi Content Creator? Yuk Ikut Program Magang Humas Kemensetneg RI

 
bagikan berita ke :

Selasa, 06 Juni 2023
Di baca 2859 kali

Menjadi seorang content creator adalah impian dan hobi saya saat ini. Dengan adanya digitalisasi dan eksistensi sosial media Instagram atau Tiktok yang terus meningkat, memotivasi saya untuk membuat video konten sekaligus menjadi content creator. Saya Febby Nur Fauzy yang merupakan mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi dengan peminatan Public Relations, Universitas Jenderal Soedirman yang saat ini sedang mengikuti program magang di Humas Kementerian Sekretariat Negara RI sebagai content creator. Pada awalnya, saya mendapatkan informasi magang tersebut melalui Instagram @kemensetneg.ri yang memposting video keseruan magang, video serupa juga saya tonton di salah satu akun milik peserta magang batch lalu yang menampilkan video “A Day In My Life” sebagai anak magang di Humas Kemensetneg RI. Dengan seringnya menonton video konten di Instagram dan Tiktok, saya tertarik untuk mendaftarkan diri pada program magang Humas Kemensetneg RI periode Febuari - Mei 2023.

Ketika pendaftaran program magang Humas Kemensetneg RI dibuka, saya mendaftarkan diri pada bidang PIP-DISFO (Pengelolaan Informasi Publik dan Diseminasi Informasi) dengan spesialisasi content creator melalui sistem terintegrasi https://olimpus.setneg.go.id. Olimpus sendiri merupakan sistem yang dibangun Kemensetneg RI untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mencari lowongan magang di Kemensetneg RI. Untuk proses seleksi magang itu sendiri, terdiri dari seleksi berkas (administrasi) yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi wawancara dan tugas membuat video konten, karena disesuaikan dengan bidang yang dipilih. Setelah proses seleksi dilakukan, akhirnya saya diterima menjadi peserta magang Humas Kemensetneg RI. Hari pertama magang dimulai pada 1 Febuari 2023, dengan briefing pendahuluan, perkenalan pejabat dan pegawai humas, room tour, dan tugas awal sebagai pembuka. Pada bidang PIP-DISFO (Pengelolaan Informasi Publik dan Diseminasi Informasi) terdapat 5 peserta anak magang yang berasal dari universitas yang berbeda dan spesialisasi yang berbeda pula, yaitu: desain grafis, copywriter, dan content creator.

Saya menikmati masa magang saya dengan menjadi content creator, karena itu merupakan passion saya sendiri yang kemudian difasilitasi oleh Humas Kemensetneg RI untuk dikembangkan lebih lanjut. Untuk memaksimalkan kinerja saya sebagai content creator, kantor memfasilitasi smartphone dan gadget (tripod, ring light, body cam, mic) dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dalam membuat video konten serta mini studio kantor yang nyaman dan lengkap dengan backdrop 3 pilihan warna. Menjadi content creator Humas Kemensetneg RI, memang harus aktif dalam mengikuti trend video di media sosial tetapi juga harus bisa menyesuaikan dengan ciri khas konten Kemensetneg RI. Dalam membuat konten, saya biasanya memulai pekerjaan dengan melakukan research terlebih dahulu melalui Tiktok atau Instagram dengan melihat trend apa yang sesuai saat ini yang kemudian diadaptasi dan disesuaikan dengan isi konten yang akan dibuat. Setelah menemukan salah satu trend video, saya mulai merancang konsep video, script, hingga pemilihan lokasi tapping. Semua konsepan yang sudah dikerjakan, selanjutnya masuk ke dalam tahap approval dari koordinator magang.

Setelah konsep video disetujui, proses tapping dimulai dengan merujuk pada script yang sudah dibuat. Ketika proses tapping dan voice over sudah direcord, proses editing pun dikerjakan. Jika video tersebut sudah dilakukan finishing, maka video d

ikirimkan ke PIC untuk melakukan proses approval dan jika ada bagian yang harus direvisi, maka akan dilakukan proses perevisian sampai disetujui oleh PIC. Tahap akhir, yaitu proses approval oleh Kepala Biro Humas Kemensetneg RI dan jika sudah disetujui, maka video tersebut boleh diposting di Instagram dan Tiktok @kemensetneg.ri sesuai dengan jadwal tayang di content calendar. Menurut saya, menjadi content creator di Humas Kemensetneg sangat menyenangkan karena selain membuat dan menjadi talent dalam video konten, saya diikutsertakan juga pada rapat-rapat penting sebagai bahan penyusunan strategi komunikasi, seperti: rapat Agenda Setting bulanan, rapat terkait Keketuaan ASEAN, dan bahkan rapat dengan pihak eksternal seperti dengan PPK GBK (Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno).

Magang di Humas Kemensetneg RI menjadi pengalaman dan kesan yang tak terlupakan. Ilmu-ilmu baru di bidang Ilmu Komunikasi khususnya Public Relations, relasi dengan pihak-pihak internal dan eksternal Kemensetneg RI, menjadi sesuatu yang berharga bagi saya untuk terus belajar, meningkatkan skill, serta memperluas relasi yang tentu didapatkan melalui pengalaman magang di Humas Kemensetneg RI. Seperti yang disampaikan oleh Najwa Shihab, "Meski perkuliahan adalah perguruan tertinggi yang bisa dicapai seseorang, namun kita bisa belajar dari berbagai hal termasuk pengalaman". Oleh karena itu, keputusan saya untuk ikut menjadi bagian dari peserta magang Humas Kemensetneg RI ini, merupakan keputusan yang tepat. Terima kasih Humas Kemensetneg atas kesempatannya! (FNF)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           11           1           0           0