Inovasi: Program Setneg X (Bagian 1)

 
bagikan berita ke :

Senin, 31 Januari 2022
Di baca 447 kali

Seiring perkembangan zaman, berbagai teknologi telah diciptakan dan dikembangkan demi mendukung pekerjaan manusia di seluruh dunia. Kehadiran teknologi yang membuat kompleksitas pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dan sederhana, tentunya harus disertai dengan kemampuan manusia untuk lebih beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang terus bergulir, agar tidak tertinggal lalu tergerus oleh zaman.

 

Merespons fenomena tersebut, Kemensetneg membuat Program Setneg X. Program yang telah diluncurkan sejak 12 Juli 2021 ini merupakan rangkaian kegiatan akselerasi dan inkubasi ide-ide pegawai Kemensetneg yang bertujuan untuk menjembatani lahirnya produk inovasi serta talenta inovator di Kemensetneg. Saat ini, program Setneg X telah memasuki tahap akhir yaitu Innovation Expo & Awarding untuk menentukan 5 tim pemenang dengan inovasi terbaik.

 

 


 Foto/Ilustrasi: Instagram @kemensetneg.ri

 

Setneg X hadir dengan mengedepankan nilai inovasi, kolaborasi, serta merdeka belajar berkelanjutan, dalam empat pilar utama yang diusung, yakni Inno Program (active learning, incubator, accelerator lab, dan inspiring events), Inno Dojo (talent hub, creative studio, learning space, dan digital library), Inno Web (digital communication platforms), dan Inno Community (agile management dan digital partnership). Dalam Program Setneg X, terdapat berbagai pelatihan, pendampingan, dan pengembangan ragam program inovasi, akselerasi, untuk mendukung inkubasi inovasi baru yang dikembangkan. Harapannya akan melahirkan cara-cara lebih mudah, murah, ringan, singkat, dengan hasil maksimal. 

 


  Foto/Ilustrasi: Instagram @kemensetneg.ri

 

Dengan produk-produk inovasi ini, Kemensetneg menunjukkan komitmennya sebagai jantung pemerintahan yang mampu memberikan dukungan terbaik kepada Presiden dan Wakil Presiden sekaligus menjadi yang terdepan dan teladan bagi organisasi pemerintah lain di Indonesia.

 

TUJUAN DAN MANFAAT

Platform kolaboratif Setneg X mendorong inovasi kerja yang lebih efisien, efektif, dan produktif sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima. Sebagai sebuah solusi, Setneg X diharapkan mampu menjadi penguatan dan perluasan inovasi untuk mendorong pengoptimalan proses kinerja aparatur agar lebih sederhana, cepat dan andal. Tidak hanya itu, Setneg X juga ditujukan untuk menumbuhkan ekosistem inovasi dengan memfasilitasi para inovator untuk mendorong lahirnya aneka produk inovasi di internal Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) agar membawa dampak yang positif dan mengarah kepada kemajuan dan membawa Kemensetneg menjadi yang terdepan dan teladan bagi organisasi pemerintah lain di Indonesia.

 

 


Foto: Humas Kemensetneg

 

Kehadiran Setneg X diharapkan mampu menjadi wadah untuk memperluas jaringan dan ide yang baru, menemukan inspirasi, dan membagikan visi dengan pegawai di unit lain. Melalui Setneg X, para pegawai berkesempatan mendapatkan wawasan tentang teknologi terkini dan masukan saat membangun prototipe produk inovasi melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan dari pakar teknologi. Keistimewaan lainnya, para talenta inovator nantinya dapat menyampaikan dampak atau hasil dari produk inovasi melalui kampanye dan publikasi serta mendapatkan pendanaan dan penghargaan untuk mereka yang berhasil menciptakan produk inovasi terbaik. (Tim Konten Inovasi-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0