Istana Kepresidenan Yogyakarta Fasilitasi Konser Amal Tsunami Selat Sunda

 
bagikan berita ke :

Jumat, 11 Januari 2019
Di baca 215 kali

 

9 hari menjelang pergantian tahun 2018, Indonesia kembali menghadapi kondisi yang menggetarkan jiwa. Mengejutkan, tsunami mendadak menerjang Selat Sunda, khususnya di Pantai Carita, Anyer, Banten, dan Lampung pada Jumat, 22 Desember 2018 pukul 21.27 WIB. Tanpa adanya tanda dan peringatan sebelumnya, tsunami memakan banyak korban. Tercatat sebanyak 373 orang meninggal dunia, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi.

Dari kejadian tersebut tak hanya penduduk sekitar yang menjadi korban, peristiwa ini menimpa salah satu grup band nasional yakni Seventeen.  Kisahnya sebagai salah satu korban tsunami pun menyita perhatian publik. Pasalnya, tiga dari empat personil Seventeen turut menjadi korban meninggal dunia selain para kru dan keluarga mereka. Sebuah kehilangan besar bagi Indonesia, khususnya dalam kancah musik nasional.

Demi mengenang karya Seventeen Band dan mendoakan para korban tsunami di Selat Sunda, Istana Kepresidenan Yogyakarta memfasilitasi konser amal “Untukmu Sahabat: Tribute to Seventeen”. Acara ini digelar di Titik Nol Km, Kota Yogyakarta pada Sabtu, 29 Desember 2018.

“Ini merupakan kegiatan positif yang perlu untuk mendapat dukungan dari pemerintah melalui Istana Kepresidenan Yogyakarta,” ungkap Saipullah selaku Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Deretan musisi yang terlibat dalam acara ini antara lain DGYK (Drummer Guyup Yk), Cah Nyanyi Yk, Dexter Band, Laf, Megahit, Shakey, Jikustik, JHF (Jogja Hiphop Foundation), Jasmine Elektrik, Istana Band Featuring Doni & Yudhi Eks. Seventeen.

Silaturahmi ini dimulai sejak pukul 14.30 hingga 22.00 WIB. Rangkaian acara akan diisi dengan penampilan dari masing-masing musisi dan pengisi acara yang dipandu oleh beberapa MC antara lain Alit Jabangbayi, Doni, Gundhi, Ofix, Kuncung, Afgandos, serta Anang Batas.

Penggalangan dana dilakukan dengan dua cara. Pertama dilakukan dengan donasi langsung di lokasi pada saat konser. Kedua, dilakukan dengan cara transfer melalui bank yang ditunjuk oleh panitia acara yang dibuka hingga beberapa waktu pasca-konser diadakan.

Terakhir, berdasarkan laporan panitia, donasi yang terkumpul untuk disumbangkan pada korban bencara tsunami, khususnya keluarga besar Seventeen Band adalah sekitar Rp46.878.095 yang kemudian telah disampaikan pada keluarga yang bersangkutan. (Karisma Widya–Istana Kepresidenan Yogyakarta)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0