Istana Kepresidenan Yogyakarta Menerima Kunjungan 500 Anak Yatim

 
bagikan berita ke :

Jumat, 21 September 2018
Di baca 97 kali

 

Sebanyak 500 anak yatim dari sekitar Kota Yogyakarta berkumpul dalam acara Wisata Religi dan Edukasi bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta di Ruang Kesenian Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Minggu (16/9). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang diinisiasi oleh BAZNAS dan bekerjasama dengan Istana Kepresidenan Yogyakarta sebagai  tuan rumah.  

 

Mengusung tema “Anak Yatim Taqwa, Cerdas, Berprestasi, dan Mandiri”, acara ini cukup sukses menyedot antusiasme anak-anak yatim yang datang. Tujuan utama diselenggarakannya acara ini adalah untuk memeriahkan momentum Tahun Baru Hijriyah sebagai sarana untuk bersilaturahmi dan dakwah. Selain itu, acara ini juga memiliki muatan untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anak yatim mengenai tempat bersejarah yang ada di Kota Yogyakarta, seperti Keraton Yogyakarta, Masjid Gedhe Kauman, dan tentu saja Istana Kepresidenan Yogyakarta. Sehingga, diharapkan mereka akan mampu meneladani perjuangan para syuhada, pejuang, dan pemimpin melalui kegiatan wisata ini.

 

Wakil Ketua II bagian Pentasharufan dan Pendayagunaan Baznas Kota Yogyakarta, Adi Soeprapto menyampaikan bahwa melalui acara ini, akan disalurkan bantuan operasional pada 9 panti asuhan yang ada di sekitar Kota Yogyakarta sejumlah Rp45.000.000,00. Selain itu, akan diberikan pula santunan bagi 500 anak yatim dengan total sejumlah Rp50.000.000,00. Diharapkan, dari kegiatan ini akan dapat memupuk rasa persaudaraan di antara umat Islam melalui kegiatan penyaluran zakat. Pembagian santunan kepada anak yatim ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta Saipullah dan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

                                                    

Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta Saipullah juga berharap melalui kegiatan ini, masyarakat semakin mengenal dan dekat dengan istana. “Istana Kepresidenan Yogyakarta harus membumi khususnya bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Saya ingin memperbanyak silaturahmi, banyak teman dan sahabat. Sehingga dari situ akan tercipta kerjasama yang baik dan positif,” ucap Saipullah dalam sambutannya di Ruang Kesenian Istana Kepresidenan Yogyakarta.

 

Di awal rangkaian kegiatan, para peserta acara diajak untuk mengelilingi kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta. Di sela tur, anak-anak mendapatkan penjelasan mengenai nama ruang dan fungsi di tiap sudut istana. Tidak hanya itu, anak-anak pun juga diajak untuk menilik museum yang berisi benda seni serta memorabilia setiap presiden. Tampak wajah ceria pada anak-anak peserta kegiatan. Di akhir, acara ditutup dengan suguhan lagu dari Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam pimpinan H. Wiyoto. (Karisma Widya-Istana Kepresidenan Yogyakarta) 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           1           0           0           0