Kemensetneg dan Pemprov Jateng Gelar Sharing Session Kehumasan dan Penanganan Pengaduan Masyarakat

 
bagikan berita ke :

Kamis, 12 Maret 2020
Di baca 1187 kali

Kamis (12/3), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) selenggarakan sharing session di Ruang Rapat Lantai 2, Kantor Pemrov Jateng, Semarang. Forum bertema “Kehumasan dan Penanganan Pengaduan Masyarakat” ini dihadiri oleh para perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemrov Jateng.

 

Forum dibuka secara resmi oleh Pj. Sekretaris Daerah Pemrov Jateng, Herru Setiadhi, S.H., M.Si. Dalam sambutannya, Herru menyampaikan bahwa ada beberapa poin yang akan dibahas lebih lanjut dalam forum ini. Pertama, selalu mengintensifkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat; kedua, melakukan verifikasi/justifikasi terhadap suatu permasalahan pengaduan masyarakat; dan ketiga, pentingnya quick response dalam menangani permasalahan pengaduan masyarakat.

 

Di Provinsi Jateng, pengelolaan pengaduan masyarakat sangat mengoptimalkan kanal online seperti website, media sosial, aplikasi LaporGub, maupun telepon. Bahkan Gubernur Jawa Tengah sendiri menggunakan akun pribadi media sosialnya sebagai kanal pengaduan. Sehingga pengaduan dapat langsung direspons dengan cepat oleh Gubernur sendiri ataupun dapat diteruskan kepada OPD terkait dalam waktu 1x24 jam,” kata Riena Retnaningrum, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Jateng.

 

Skema penanganan pengaduan masyarakat di Provinsi Jateng yang ditangani oleh Inspektorat dapat disampaikan maupun dilimpahkan secara online maupun offline. Sejumlah aduan juga kemudian dilimpahkan kepada Kabupaten/Kota karena kewenangan penyelesaiannya ada di Kabupaten/Kota. Namun demikian, inspektorat akan tetap bertugas untuk mengawasi bagaimana pengaduan tersebut agar ditindaklanjuti sampai selesai.

 

Selain itu, Pemprov Jateng melalui Komisi Informasi juga mendorong keterbukaan informasi publik melalui penguatan kehumasan. Di era media saat ini, penting bagi pemerintah membangun trust masyarakat terhadap pemerintah. Salah satunya dengan melakukan monitoring dan evaluasi badan publik secara tematik setiap tahunnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Eddy Cahyono Sugiarto selaku Asisten Deputi Hubungan Masyarakat menyampaikan bahwa forum ini merupakan preliminary meeting kegiatan pemutakhiran data hasil tindak lanjut pengaduan masyarakat yang diteruskan Kemensetneg kepada Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 April di Kota Surakarta

 

Eddy juga berharap forum sharing session menjadi wadah pertukaran informasi dan berbagi pengalaman.  Kegiatan forum sharing session ditutup dengan diskusi singkat dan visitasi ke situation room LapGub. (ADR-YWY, Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat_Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0