Kerja Sama dengan IPB, Kuda di Istana Kepresidenan Cipanas Bertambah Gemuk

 
bagikan berita ke :

Kamis, 02 Mei 2019
Di baca 17 kali

Pada hari Kamis (2/5) Istana Kepresidenan Cipanas kedatangan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB), Prof. Dr. drh. H. Bambang Purwantara, M.Sc. Kunjungan tersebut dilakukan untuk supervisi mahasiswa magang Batch 3 Program Profesi Dokter Hewan (PPDH) FKH IPB di Istana Kepresidenan Cipanas. Kegiatan magang PPDH atau yang biasa disebut co-ass ini sudah berlangsung 3 gelombang sejak awal Maret 2019, dengan waktu pelaksanaan selama satu bulan per gelombang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama Istana Kepresidenan Cipanas dengan FKH IPB yang telah ditandatangani tanggal 6 November 2018.

 

 

Kehadiran para calon dokter hewan ini sangat membantu dalam pemeliharaan kesehatan hewan, khususnya kuda di Istana Kepresidenan Cipanas. Walaupun program ini baru berjalan selama 3 bulan, namun secara umum kondisi kesehatan kuda-kuda Istana Kepresidenan Cipanas sudah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan bobot badan kuda-kuda Istana Kepresidenan Cipanas dalam tiga bulan terakhir.

 

 

Selain program magang co-ass, kegiatan lain yang sudah berjalan adalah kunjungan lapangan (ambulatoir) dari mahasiswa PPDH dan dosen FKH IPB, serta pembuatan laboratorium diagnostik mini hasil kerja sama Istana Kepresidenan Cipanas dengan FKH IPB. Dengan kerja sama ini diharapkan terjadi proses transfer ilmu pengetahuan dari para ahli di bidang kedokteran hewan IPB kepada para petugas pemelihara hewan Istana Kepresidenan Cipanas. (Ferdi Sjaiful-Istana Kepresidenan Cipanas)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0