Multifungsi Stadion Akuatik GBK: Kegiatan Olahraga dan Nonolahraga

 
bagikan berita ke :

Selasa, 12 Maret 2019
Di baca 78 kali

 

Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) memiliki 4 kolam renang yang berstandar internasional. Kolam renang tersebut terdiri atas kolam pemanasan, kolam tanding, kolam polo air, dan kolam loncat indah disertai fasilitas penunjang lainnya. Gelanggang yang digunakan pada perhelatan Asian Games 2018 ini mengusung konsep gedung multifungsi. Selain dapat mengakomodir seluruh cabang olahraga akuatik, kini Stadion Akuatik GBK dapat dimanfaatkan juga untuk kegiatan nonolahraga antara lain kegiatan triathlon, try out, dan nonton bareng (nobar).

 

Kegiatan triathlon merupakan serangkaian kegiatan olahraga berupa renang, sepeda, dan lari yang dilaksanakan pada satu jangka waktu tertentu. Kegiatan triathlon pertama kali diadakan pada 26 Januari 2019 di Stadion Akuatik GBK yang diikuti oleh lebih dari 350 orang peserta. Para peserta harus menyelesaikan rangkaian olahraga yaitu renang 400 meter, dilanjutkan dengan bersepeda 20 km, dan diakhiri dengan lari 5 km. Triathlon bukanlah sebuah kompetisi, namun kegiatan yang lebih menitikberatkan pada penyelesaian tiga cabang olahraga yang berbeda. Pemenang ditentukan oleh keberhasilan dalam menyelesaikan tiga cabang olahraga tersebut. Fisik yang prima sangatlah dibutuhkan karena setiap cabang olahraga memiliki karakteristik yang berbeda. Walaupun baru pertama kali berlangsung di Stadion Akuatik, namun kegiatan ini tergolong sukses.

 

Selain kegiatan triathlon, tepat di lokasi yang sama, telah berlangsung kegiatan uji coba atau try out bagi para siswa sebelum mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 16 Februari 2019 lalu. Ribuan peserta try out memenuhi tribun untuk menguji kemampuan dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN. Selain diberikan motivasi dan semangat untuk menghadapi SBMPTN, para peserta juga diberikan gambaran dan informasi fakultas apa yang akan mereka pilih untuk menapak jenjang pendidikan berikutnya.         

 

 

 

Stadion Akuatik GBK pun dapat digunakan untuk mengadakan kegiatan nonton bareng (nobar). Sebuah kegiatan dimana para pecinta olahraga menyaksikan tim idolanya bertanding. Biasanya kegiatan nobar dilakukan di berbagai tempat, mulai dari restoran, cafe, lapangan, taman kota, kantor kelurahan sampai dengan poskamling. Kini, kegiatan nobar memiliki alternatif tempat baru yaitu di Stadion Akuatik GBK.

 

Pada 24 Februari 2019 lalu, telah diselenggarakan nobar pertandingan sepakbola antara Manchester United vs Liverpool.  Dua layar besar terpasang pada sisi tribun barat dan ratusan penonton yang menyaksikan pertandingan berada di sisi tribun timur. Suara masing-masing pendukung Manchester United maupun Liverpool terdengar saling bersahutan meskipun hasil imbang di akhir permainan. Kedua pendukung tetap menjunjung tinggi sportifitas serta menjaga keamanan dan ketertiban stadion. Beberapa kegiatan tersebut telah membuktikan bahwa Stadion Akuatik GBK merupakan stadion yang multifungsi sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan, baik olahraga maupun nonolahraga. (Tri Novita Sari-PPKGBK)

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0