Patung Ondel-ondel Raksasa, Simbol Betawi Asli di Kawasan Kemayoran

 
bagikan berita ke :

Rabu, 03 April 2019
Di baca 140 kali

Ondel-ondel merupakan salah satu dari 8 ikon Betawi yang ditetapkan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Peraturan Gubernur nomor 11 tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi. Penetapan ikon budaya tersebut sebagai upaya pelestarian budaya yang menjadi ciri khas masyarakat Betawi, upaya menampilkan jati diri Provinsi DKI Jakarta, dan sebagai ikon untuk meningkatkan daya tarik wisata.

 

Kemayoran sebagai kawasan yang berada di pusat kota Jakarta turut berpartisipasi untuk melestarikan ciri khas budaya Betawi, melalui pemasangan patung Ondel-ondel sekaligus digunakan sebagai ikon kawasan Kemayoran. PPK Kemayoran selaku pengelola kawasan, telah membangun sepasang Ondel-ondel raksasa yang berdiri megah di sebelah selatan Jalan Benyamin Sueb, jalan utama yang membelah kawasan Kemayoran.

 

Peresmian Ondel-ondel sebagai ikon Kemayoran dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2014. Ondel-ondel raksasa tersebut berukuran tinggi 9 meter dan berdiri di atas pondasi setinggi 4 meter, sehingga keseluruhannya mencapai tinggi 13 meter. Hal ini membuat Ondel-ondel Kemayoran dinobatkan sebagai Ondel-ondel terbesar yang pernah ada di Indonesia dan memenangkan rekor MURI.


Selama 5 tahun usianya, sepasang Ondel-ondel ini telah mengalami pengecatan ulang sebanyak 2 kali. Posisinya yang sangat strategis memberikan pandangan yang menarik bagi warga masyarakat ketika melintas di kawasan Kemayoran, sekaligus sebagai pengingat untuk tetap melestarikan kebudayaan asli Betawi. (Cici Fakhrunnisa - PPK Kemayotan)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0