Senam Perdana di Istana Negara

 
bagikan berita ke :

Selasa, 06 Maret 2018
Di baca 727 kali

 

Jumat pagi (2/03), ada yang berbeda dengan pemandangan di Istana Negara. Tak seperti biasa, tampak sekitar 300 orang berkumpul dan berdiri memenuhi halaman Istana Negara. Semuanya berpakaian olahraga. Selama ini, biasanya di halaman Istana Negara yang terlihat hanya mobil dinas para pejabat, mobil tamu Istana yang sedang parkir, atau para pegawai dan tamu yang berlalu lalang melintas.

“Ini pertama kalinya dalam sejarah diadakan senam bersama di Istana,” kata Rika Kiswardani, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, dalam sambutannya sebelum senam dimulai. Harapannya, senam bersama ini mendapat respon positif dari pegawai Sekretariat Presiden.

Acara senam bersama kali ini, disambut baik oleh para pegawai di lingkungan Sekretariat Presiden, mulai dari para pejabat eselon IV s.d. pejabat eselon I, para pegawai, para tenaga perbantuan, hingga para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan para pelajar yang magang di lingkungan Sekretariat Presiden.

Sebelum pukul 07.30 WIB, peserta senam sudah berdiri rapi di area Istana Negara depan Jalan Veteran. Walaupun sinar matahari sedang menyengat, namun tidak menyurutkan semangat mereka. Sebelum dimulai, instruktur senam menjelaskan bahwa senam kali ini dinamakan senam osteoporosis. Senam ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. “Hindari tulang keropos karena itu (tulang: red) menyangga tubuh kita,” kata salah seorang instruktur berpesan.

Tak lama musik mulai terdengar. Semua peserta pun serentak mengikuti gerakan keempat instruktur wanita berseragam hijau putih yang berdiri di atas panggung. Senam osteoporosis berlangsung selama satu jam. Menjelang sesi terakhir, senam ditutup dengan gerakan pendinginan. 

Usai senam, panitia membagikan konsumsi bagi para peserta senam. Jenis makanan yang disediakan cukup bervariasi. Ada bubur ayam, roti, jus kacang hijau, dan air mineral. 

Acara kemudian berlanjut dengan bagian yang paling ditunggu-tunggu, yaitu pembagian doorprize. Tujuh buah bingkisan sudah siap diberikan oleh Panitia. Pengambilan acak nama-nama yang beruntung dilakukan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Bey Triadi Machmudin; Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Yudhi Wijayanto; dan Kepala Biro Administrasi, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Ucu. Para penerima doorprize tersebut yaitu Suratin, Suprayitno, Subiyono, Subagiyo, Sonya Elfadhila, Gilang, dan Erlin Suastini. Dari ketujuh yang beruntung ini, salah satunya adalah pelajar SMK 4 Malang yang sedang menjalani program magang di Sekretariat Presiden yaitu Gilang.

Setelah pembagian ketujuh bingkisan tersebut, ternyata masih ada lagi hadiah tambahan yang disiapkan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Hadiah tersebut berupa voucher makan siang di bilangan Sarinah. Hadiah diberikan kepada enam orang yaitu Cyntia Intan Tampanutu, Dian Puspita, Dian Fatmawati, Karlina Putri, Meti Sri Rahayu, dan Kristiana Hermawati.

Sebelum pelaksanaan senam perdana tersebut, untuk mengisi waktu luang di tengah kesibukan melaksanakan tugas penyelenggaraan pelayanan kepada Presiden, Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Yudhi Wijayanto telah memprakarsai senam di lorong garasi bagian kendaraan Sekretariat Presiden, yang baru dilakukan sekali,  dengan peserta tidak sampai 100 orang.

Melihat keseruan senam tersebut saat melintas, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi kemudian memberi arahan agar kegiatan senam tersebut dapat diikuti oleh lebih banyak pegawai Sekretariat Presiden. Hal ini untuk menumbuhkan semangat kebersamaan di antara para pejabat/pegawai di lingkungan Sekretariat Presiden.

Rencananya, senam bersama akan diadakan secara rutin, paling tidak satu kali dalam sebulan yaitu minggu pertama setiap bulannya. (Gratia Mastauly Situmorang- Biro Administrasi Sekretariat Presiden)

 

 

 

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
9           4           0           0           1